Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / PANGDAM II SRIWIJAYA TINJAU PROTOTIPE PENGAIRAN SAWAH (ITPS) TANPA LISTRIK

PANGDAM II SRIWIJAYA TINJAU PROTOTIPE PENGAIRAN SAWAH (ITPS) TANPA LISTRIK

Author : HENDRIADI

 

MERAPI BARAT, LhL – Dalam rangka peninjauan prototipe  pengairan sawah/Inovasi Teknologi Pengairan Sawah (ITPS) tanpa menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) atau tanpa menggunakan energi aliran listrik, dengan adanya alat ini masyarakat kabupaten Lahat patut bangga, khususnya para petani di Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat, sebab hari ini Minggu (19/02), rencananya akan dilakukan peninjauan kegiatan pembangunan prototipe alat untuk pengairan sawah, rencananya akan ditinjau langsung oleh Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, SH, MH.

Dalam rangka peninjauan pembangunan prototipe/Inovasi Teknologi Pengairan Sawah (ITPS) tanpa menggunakan bahan Bakar Minyak (BBM) dan energi aliran listrik hanya mengandalkan cahaya matahari sehingga kegunaannya sangat bermanfaat bagi para petani untuk memenuhi kebutuhan air, baik itu persawahan maupun perkebunan tidak hanya itu, air yang dihasilkan alat ini juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari  seperti mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya, pembangunan yang dipelopori TNI AD dibawah Denpal Lahat diharapkan dapat meningkatkan hasil panen baik itu padi maupun hasil kebun lainnya.

Baca Juga  TEMUKAN INTERVENSI PPS SAAT VF, PANWASCAM DAN PPK LANGSUNG BERTINDAK

Denpam Lahat Mayor Ramin Mewakili Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, SH, MH mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, karena belum bisa hadir dalam peninjauan alat ini, dikarenakan ada pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan ditambah lagi waktunya tidak memungkinkan sehingga dirinya belum bisa hadir dalam kegiatan ini.

“Saya mewakili Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, SH, MH, mengucapkan permohonan maaf karena beliau belum dapat hadir dalam kegiatan ini, dikarenakan ada pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan, sembari menjelaskan fungsi dan kegunaan alat prototipe, harapan saya alat ini dapat membantu para petani dan warga dalam memenuhi kebutuhan air, sehingga hasil panen yang didapatkan melimpah dan mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Wawan kepala Desa Ulak Pandan dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada seluruh yang hadir dalam kegiatan ini, terutama para TNI dan PT.Bukit Asam karena yang sudah mensupport terlaksananya kegiatan ini, karena bantuan merekalah sehingga adanya alat ini.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan banyak terima Kasih  kepada pihak terkait yang sudah membantu terlaksanya kegiatan ini, sebab alat ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat, terutama para petani dalam mengatasi kesulitan air,” ungkapnya.

Baca Juga  KAKAK KANDUNG BUPATI LAHAT TUTUP USIA

Camat Merapi Barat Kamran, SE dalam sambutannya mengucapkan ribuan terima kasih atas perjuangan para anggota TNI dan PT.BA untuk masyarakat terutama warga Desa Ulak pandan yang sudah bikin alat untuk mengairi persawahan.

“Alat ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat dalam mengelola lahan pertanian seperti persawahan dan perkebunan, harapan kami semoga pihak terkait agar tak jemu-jemunya terus membantu masyarakat dalam meningkatkan hasil pertanian agar kedepannya lebih baik lagi,” harapnya.

Nan Budiman Wakil Direktur PT. BA mengatakan kepada kades, pengurus desa dan masyarakat, dirinya meminta agar selalu merawatnya alat tersebut, sehingga dapat berguna bagi masyarakat, sebab alat ini fungsinya serba guna.

“Kami berharap kepada warga agar dapat memanfaatkannya alat tersebut demi meningkatkan hasil pertanian mereka, kami juga meminta agar masyarakat menjaga serta merawatnya, karena alat ini untuk petani itu sendiri,” tutupnya.

 

Editor : YADI

Check Also

Tim Keluarga YM Beri Bantuan Beras, Warga Merapi : Terima Kasih Pak Yulius Maulana

Author : Ujang MERAPI TIMUR, LhL – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO