Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / 14,16 % TERLAYANI, PELANGGAN PDAM CAPAI 7.413 PELANGGAN YANG AKTIF DAN NON AKTIF

14,16 % TERLAYANI, PELANGGAN PDAM CAPAI 7.413 PELANGGAN YANG AKTIF DAN NON AKTIF

Author : BENS

LAHAT, LhL  – Direktur Sementara Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lematang, Hermansyah Bsc membenarkan, bahwasanya hingga saat ini, total pelanggan aktif maupun non aktif sebanyak 7.413.

“Untuk yang aktif 4.426 pelanggan tersebar di dalam kota, sedangkan non aktif estimasi 2.987, kendalanya sendiri dalam kurun waktu 1980-1991 dikelola badan pengelola air minum (BPAM), kemudian diserahkan ke PDAM pada 1991, tapi pipanisasi kondisi besi dan asbes, fasilitas SR tidak memungkinkan,” jelasnya, ditemui, Rabu (11/1).

Ia menambahkan, apabila pelanggan yang non aktif ingin melakukan penyambungan kembali akan diaktifkan, selalu diusahakan semaksimal mungkin pengembangan jaringan dalam kota diprioritaskan.

Baca Juga  LAHAT MEMANAH 1 AKAN TUMBUHKAN ATLIT PANAH YANG PROFISIONAL

“Dengan pergantian pipanisasi yang lama, cakupan yang terlayani mencapai 14,16 persen dari jumlah penduduk berada di Lahat, total 389.034 jiwa,” ungkap Hermansyah.

Hermansyah mengungkapkan, target untuk Lahat minimal 10 ribu – 12 ribu SR, baru dikatakan sehat, 2014-2016 dibantu perpompaan, jaringan sebagian pengembangan sudah diganti. Bantuan dari Nopran marjani secara gratis untuk target tercapai di 2017.

Baca Juga  GRPK BERDEMO, INI TANGGAPAN SEKDA LAHAT

“Cakupan lingkup operasi PDAM, Kecamatan Kota Agung, Jarai, Tanjung Sakti Pumi masing-masing memiliki kapasitas 20 liter perdetik, sekarang ini baru dibangun tinggal serahkan di Kecamatan Pseksu dan Pajar Bulan dengan kapasitas sama,” paparnya.

Disebutkannya, dengan menggunakan sistem gravitasi pipanisasi dalam penyaluran air ke pelanggan dari sumber mata air. Dimana, semuanya dapat menikmati sarana prasaran air bersih.

“Dengan demikian, dapat membantu operasional PDAM Tirta Lematang, kendati target agar dikatakan sehat terus diupayakan tercapai,” tandas Hermansyah.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Safari Jum’at di Selawi, Yulius Maulana Beri Bantuan ke Masjid Darussalam

Author : Ujang LAHAT, LhL – Seperti biasa Calon Bupati Kabupaten Lahat Yulius Maulana ST …

SMM Panel

APK

Jasa SEO