Home / Umum / MENUJU EMPAT LAWANG “BERES”, EDUAR KOHAR SIAP BERPASANGAN DENGAN SIAPA SAJA

MENUJU EMPAT LAWANG “BERES”, EDUAR KOHAR SIAP BERPASANGAN DENGAN SIAPA SAJA

Author : BENS

LAHAT, LhL – Satu lagi putra asli daerah Kabupaten Empat Lawang, siap maju dalam bursa pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Bumi Sangi Keruani Sangi Kerawati dengan slogan “BERES” (Bersama Eduar Religius dan Sejahtera). Dialah adalah, HM Eduar Kohar SE MM

Ia menyampaiakan, memasuki tahun sembilan dengan kata-kata singkat yakni BERES dalam artian, beres dalam mengatasi permasalahan, dimana, sangat menonjol soal keamanan yang tidak akan terselesaikan oleh aparat hukum, baik kepolisian dan TNI tetapi merupakan tugas bersama.

“Tentu ada konsep pada suatu saat, disamping itu, sarana dan prasarana di Empat Lawang sudah mulai terlihat, tinggal bagaimana perekonomian kerakyatan melalui budidaya pertanian di 156 desa, saya punya konsep satu desa 1 PPL,” bebernya, ditemui, Rabu (4/1).

1 PPL, 1 binaan kelompok tani (koptan), 1 koptan, kata Eduar, harus ada 1 handtractor, kemudian 10 koptan memiliki press milling unit (mesin penggiling, red). Dalam penerangan akan menghidupkan radio baik pemerintah maupun swasta, bagaimana memberikan penerangan menjelang subuh, siang, sore sistem budidaya sesuai kultur budaya di Kabupaten Empat Lawang.

Baca Juga  HYPERMART LAHAT TANGGAPI POSITIF SIDAK YLKI

“Selanjutnya, Religus, bahwasanya di Empat Lawang 97 persen bahkan lebih memeluk Agama Islam, kalau dulu waktu masih kecil sekolah di swasta atau agama, sudah wajib dengan pembangunan pondok pesantren (ponpes), oleh sebab itu, campur tangan pemerintah, dimana, empat lawang terdiri dari 10 kecamatan, beberapa sudut atau titik harus ada ponpes,” jelas HM Eduar Kohar.

Eduar Kohar mengungkapkan, biar untuk mencerdaskan arti sebuah kehidupan ini, sedangkan Sejahtera, apabila kondisi sudah aman, berbudidaya, diukur, berapa PDRB, income masyarakat, indeks pembangunan melalui pendidikan, kesehatan, dan tahun ketiga dapat diukur dengan jangka pendek dan panjang, penanaman palawija, padi, seperti buah-buahan, perkebunan, sawit, karet dan coklat serta budidaya lainnya.

“Masyarakat selalu mengikuti apa yang dilakukan pemerintah secara konsisten dan kontiyu, saya yakin itu, untuk keamanan harus menghidupkan kembali satu desa satu pos siskamling dengan memberikan pembinaan dari aparat eksekutif, legislatif dan yudikatif,” imbuh mantan Sekda Empat Lawang ini.

Baca Juga  SEPI PEMBELI PEDAGANG KAKI LIMA MENJERIT

Disebutkan dia, kesemua ini harus diawali dari niat, seorang insan manusia hadir disana, bahwa betul-betul membangun Empat Lawang.

“Paling penting apakah insan tersebut sanggup untuk mnasehati diri sendiri hatinya, insya Allah, ada manfaat dan masyarakat akan amanah, pertanggungjawabnya sejak dari alam kubur ke alam barzah, keluarga terutama sekali, istri dapat menasehati saya,” urainya.

Kepada komponen pemuda, Eduar berharap, agar mengadakan semacam mereflesikan sembilan tahun Empat Lawang mencari sosok pemimpin yang ingin membangun, jangan hanya berkuasa dan mencari uang.

“Kalau berhasil, saya akan tetap melaksanakan, apabila tidak, mengkritisikan didalamnya siapa pun nanti jadi Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang, apabila pensiun saya pribadi tidak akan ke Lahat ataupun Palembang, melainkan kembali ke tengah-tengah masyarakat berladang atau berkebun,” pungkas pejabat visioner.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Agus Fatoni : Expo HUT ke-44 Dekranas, Momen Majukan Produk Kerajinan UMKM

Author : Riki   SOLO, LhL – Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengunjungi stan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO