Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Tanjung Sakti Pumi / DPRD LAHAT : SEGERA LAKUKAN TANGGAP DARURAT TERHADAP JALAN LONGSOR DI GUNUNG KERTO

DPRD LAHAT : SEGERA LAKUKAN TANGGAP DARURAT TERHADAP JALAN LONGSOR DI GUNUNG KERTO

TASTI PUMI, LhL – Jalan longsor di desa Gunung Kerto, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat, yang saat ini terus melebar harus segera dibenahi. Setidaknya harus dilakukan pembangunan tanggap darurat. Pasalnya,  ruas jalan ini merupakan satu-satunya akses menuju dan keluar dari 14 desa di Kecamatan Tanjung Sakti Pumu dan 3 desa di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi. Jika sampai putus desa desa tersebut bisa teresolasi.  

“Meski jembatan dibangun melalui APBD Provinsi namun butuh penangan cepat. Makanya akan kita usulkan tanggap darurat ke BPBD Lahat untuk segera dibangun beronjong dihulu sungai sehingga kerusakan tidak semakin parah,”ungkap Wakile Ketua 1 DPRD Kabupaten Lahat sekaligus Ketua DPD II Partai Golkar Lahat, Drs Farhan Berza MM MBA didampingi anggota Fraksi Golkar DPRD Lahat, Tanhar Effendi SE saat meninjau lokasi longsor, Selasa (6/12).

Baca Juga  MASYARAKAT TANJUNG ALAM PUMU KOMITMEN DUKUNG BURSAH-PARHAN

Diakui Tanhar butuh penangan cepat atas ruas jalan tersebut. Terlebih, menurut lelaki yang juga Ketua DPD KNPI Lahat kerusakan akan semakin parah disaat kondisi hujan yang terus mengguyur. Belum lagi, ujarnya banyaknya kendaraan yang melintas. “Apalagi ini akses utama. Khawatirnya kerusakan kian parah. Makanya kita meminta dinas terkait dalam hal ini BPBD segera melakukan perbaikan,”pinta Tanhar, yang melakukan kunjungan bersama beberapa anggota DPRD lainnya.     

Sebelumnya, Minggu (27/11) sekitar pukul 09.00 wib jalan dilokasi tersebut tiba tiba longsor. Jalan desa yang menghubungkan dengan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi ini kondisinya terancam putus. Pasalnya, longsor hampir ‘menelan’ sebagian badan jalan. Longsor juga merobohkan tembok penahan. Beruntung saat longsor terjadi tidak ada kendaraan yang melintas sehingga tidak ada korban jiwa.

Baca Juga  Kebakaran di Pulau Panggung, Warga Berjibaku Padamkan Api

Menurut penuturan Kamil, warga setempat akibat longsor tersebut jalan saat ini hanya bisa dilintasi satu kendaraan roda empat saja (mobil, red). Dikatakanya, selain merobohkan tembok penahan jalan dan sungai, sebagian aspal jalan ikut tergerus. Dikatakanya, longsor terjadi kurang lebih sepanjang 30 meter. Saat ini, kata dia bagian jalan yang belum longsor juga terdapat retakan. Jika tak segera ditanggulangi tak menutup kemungkinan akan ada longsor lanjutan.

Photo/Naskah : (BENS)

Editor                : (UJANG, SP)

Check Also

Ketua DPC PROJAMIN Minta Polres Lahat Usut Tuntas Terkait Hilangnya Uang Nasabah Bank BRI Tanjung Sakti

Author : Toni Ramadhani TANJUNG SAKTI, LhL – Terkait hebohnya uang nasabah Bank BRI Tanjung …

SMM Panel

APK

Jasa SEO