Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / INI KATA DEWAN, TENTANG BANYAKNYA JALAN PENGHUBUNG YANG TERBIS

INI KATA DEWAN, TENTANG BANYAKNYA JALAN PENGHUBUNG YANG TERBIS

LAHAT, LhL – Intensitas curah hujan yang menerjang Bumi Seganti Setungguan akhir-akhir ini, yang tak menentu menjadikan faktur utama penyebab jalan penghubung di daerah Kabupaten Lahat bahkan sampai ke kecamatan mengalami longsor, patah, terbis karena terendam aliran air, dan mengakibatkan aspal pada badan jalan hancur dan menjadi seperti kubang kerbau.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, Drs Farhan Berza MM MBA menyampaikan, agar Badan Nasional Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) untuk menyiapkan sarana dan prasarananya untuk menghindari bencana dan longsor di beberapa titik. Sehingga jalur transportasi yang digunakan masyarakat  tidak ada kendala dan terhindar dari korban bencana.

“Kita himbau, agar kiranya dalam menghadapi hujan tak menentu ini Kepala BPBD dan PU Bina Marga Kabupaten Lahat, dapat segera membentuk serta menyiapkan pos bersama unsur Kecamatan pada titik rawan bencana,seperti daerah Pulau Pinang, Gumay Ulu,dan Pagar Gunung, wilayah Kikim Area termasuk wilayah lainnya,” pesan Farhan, belum lama ini dibincangi wartawan.

Baca Juga  MPC PP DAN KNPI LAHAT SERAHKAN Rp.7.730.000 BUAT AMIN MULIA

Keadaan  ini diperlukan kesiagaan petugas dinas terkait dan alat-alat berat, untuk ditempatkan dan diberdayakan di tempat yang rawan atau terkena bencana atau di pos siaga sudah di buat di titik rawan bencana.

“Irigasi yang kurang baik,kontur tanah serta jatuhan air dari dinding tebing merupakan faktor pendukung terjadi longsor atau patahan di jalan yang bisa membahayakan pemakai jalan terutama masyarakat yang melui jalur tersebut,” ungkap putra asli, Kecamatan Tanjung Sakti Lahat ini.

Baca Juga  Warga Antusias Ikut Vaksinisasi Dosis Ke Dua

Lebih jauh, sambung Farhan Berza, ditegaskan, kiranya semua elemen masyarakat tetap waspada  dengan keadaan alam di musim penghujan ini. Bila ada jalan longsor  atau dinding tebing yang terbis hendaknya ditanggulangi dulu  secara cepat dan bersama sama dengan masyarakat setempat sambil menunggu bantuan pihak terkait.

“Dalam hal ini Dinas PU Bina Marga  sudah peduli, tapi perlu dilakukan kerja yang sinergi, perlu pemikiran bersama-sama dan rapat bersama dengan DPR apa yang dapat diterapkan oleh dinas ini,” tegas Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Lahat ini.

Photo/Naskah : (BENS)

Editor : (UJANG, SP)

Check Also

Hadiri Sidang PMH LPG Subsidi di PN Lahat, SBM Linggau MOR II Ditolak Hakim Tanpa Kuasa Dirut PT. Pertamina

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sidang kedua gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) antara Yayasan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO