Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / BEKALI PETANI DENGAN TEKNIK PENGAIRAN DAN PERTANIAN

BEKALI PETANI DENGAN TEKNIK PENGAIRAN DAN PERTANIAN

LAHAT, LhL  – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Lahat memberikan sertifikat badan hukum Organisasi Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A). Dalam kegiatan tersebut langsung dihadiri oleh Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE diwakili Kepala Dinas TPH, Ir H Hapit Padli MM.

Dalam sambutannya, H Hapit menuturkan, kegiatan pelatihan terhadap GP3A sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para anggota GP3A terutama meliputi teknik pengairan dan teknik pertanian, 
“Tentunya kita dari Pemda Lahat dalam hal ini Dinas TPH Kabupaten Lahat terus mengupayakan agar pembangunan Sumber daya air di Kabupaten Lahat ini terus berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Lahat,” urainya belum lama ini.

Baca Juga  Bupati Lahat Bersama Unsur Forkompinda Lahat, Ikuti Rakor Bersama Mandagri Terkait Covid- 19

Ia mengungkapkan, dengan adanya GP3A tentunya sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme sumber daya manusia pertanian (petani, red) dalam pengelolaan jaringan irigasi tersier atau tingkat usaha tani.
“Karena itulah pemberdayaan GP3A ini difokuskan kepada pemberdayaan organisasi dan sumber daya manusianya sebagai penyelenggara irigasi partisipatif dan diharapkan dengan pemberdayaan ini dapat menumbuhkembangkan kerjasama yang baik antar petani maupun dengan pihak lainnya, terkait dengan pengelolaan jaringan irigasi,”jelasnya.

Baca Juga  BINMAS POLSEK KOTA MENYEBARKAN MAKLUMAT LARANGAN KARHUTLAH

Dia berharap dengan adanya pembekalan dan pelatihan kepada GP3A kiranya para petani yang tergabung dalam gerekan tersebut diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam penyelenggaraan irigasi secara partipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, rehabilitasi, operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi serta pengelolaan sumber daya air dalam rangka peningkatan produksi, produktivitas dan mutu produk tanaman pangan dan holtikultura secara berkelanjutan. 
“Kita berharap agar pengelolaan air bagi petani bisa berkelanjutan sesuai apa yang kita harapkan. Apalagi, GP3A sekarang sudah memiliki badan hukum,” pungkas H Hapit.

Photo/Naskah : (BENS)
Editor. : (UJANG, SP)

Check Also

Safari Jum’at di Selawi, Yulius Maulana Beri Bantuan ke Masjid Darussalam

Author : Ujang LAHAT, LhL – Seperti biasa Calon Bupati Kabupaten Lahat Yulius Maulana ST …

SMM Panel

APK

Jasa SEO