Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / WARGA GERAMAT : TERIMA KASIH PAK NOPRAN MARJANI

WARGA GERAMAT : TERIMA KASIH PAK NOPRAN MARJANI

MULAK ULU, LhL – Sejak di keluarkannya dana Aspirasi Nopran Marjani oleh PU Kabupaten Lahat, maka masyarakat Desa Geramat langsung melaksanakan perbaikan siring irigasi air mulak, yang mata airnya langsung mengambil ke sungai air mulak.

Irigasi air mulak ke dua ini di bangun pada tahun 2005 dan belum di cor secara permanen dalam keseluruhan.
Akibatnya, sangat rawan sekali dengan longsor. Apalagi saat musim hujan seperti ini.

Irigasi Air Mulak ini kebutuhan sangat vital dalam masyarakat desa geramat, karena untuk kebutuhan hari hari dan mengaliri sawah – +150 Hektar. Kalau irigasi ini macet, maka pertanian juga akan terhenti khususnya petani padi.

Sudah satu bulan ini siring/irigasi air mulak ini di keringkan oleh pengurus P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) Desa Geramat yang di komandoi oleh Bujang Ishar (41).

“Sengaja siring ini kami keringkan dulu,karena kita tahap pelaksanaan perbaikan”, ucapnya pada LhL di lokasi perbaikan pada hari Jum’at (11/11)

Dia juga menjelaskan pada LhL, bahwa siring ini memakai dana bantuan Aspirasi dari Nopran Marjani, Anggota DPRD Propinsi Sum-Sel.

Baca Juga   KADES DATAR BALAM SERAHKAN BLT-DD TAHAP DUA BULAN KE-1

“Panjang siring yang kita perbaiki 212M, tinggi 130 cm, lebar 117 cm, dan dibuat siring tertutup supaya tanah yang berada di atas. Apabila longsor tidak akan menutupi lajunya air menuju ke areal persawahan, karena siring ini sering sekali tertimbun oleh tanah yang sangat labil di atas, akibatnya siring ini sangat sering sekali terjadi longsor”, jelasnya.

Menurut dia, selaku P3A pihaknya sangat  sering sekali gotong royong, apabila terjadi kerusakan pada irigasi ini contohnya; ada beberapa titik lantai dasar siring dipindahkan dengan secara manual bersama masyarakat.

“Tapi kalau sudah diperbaiki seperti ini, walau belum secara keseluruhan, tapi sudah sedikit mengurangi rasa was was kami terhadap kerusakan”, ucapnya pada LhL.

Sementara itu, Zulkarnain (41) Kasi Pemerintahan Desa geramat membenarkan, jika sekarang ini  dalam perbaikan.

“Karena siring kita ini berada di pinggir tanah perbukitan jadi sangat rawan sekali dengan longsor”, ucap dia.

Baca Juga   22 KPM DARI BLT-DD TEBING TINGGI DISERAHKAN LANGSUNG KE MASYARAKAT

Mereka bersyukur adanya dana aspirasi Nopran Marjani untuk perbaikan yang telah dikucurkan oleh PU Kabupaten Lahat. jadi mereka bisa bekerja memperbaiki kerusakan ini.

“Sengaja kami ambil semua pekerja dari Desa Geramat, karena kami yakin kalau pekerjanya dalam desa sendiri dia akan bekerja sungguh sungguh, perinsipnya dari kita untuk kita”, ujarnya.

Proses pekerjaan sekarang ini sudah mencapai 60%, yang sudah di kerjakan 150M dari 212M, target finishing. Mudah mudahan beberapa minggu ke depan pengerjaanya selsai,” pungkasnya.

Di lain tempat wartawan LhL juga menemui Sapuan (47) Kepala Desa Geramat, pun membenarkan bahwa siring yang diperbaiki saat ini memakai dana Aspirasi Nopran marjani, maka masyarakat Desa Geramat sangat berterima kasih adanya dana Aspirasi ini.

“Jadi, sedikit demi sedikit siring irigasi air mulak ini akan menjadi permanen, kalau kucuran dana dari berbagai macam sumber bisa di alokasikan di sini,; harapnya.

Photo/Naskah : (JACK MANIA)

Editor : (UJANG, SP)

Check Also

PPK Kecamatan Mulak Ulu Lantik 308 KPPS Pemilu Tahun 2024

Author : Ivi Hamzah MULAK ULU, LhL – Bertempat di halaman kantor camat Mulak Ulu, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO