Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / JEMBATAN LEMATANG MULAI TERKIKIS DAN ABRASI

JEMBATAN LEMATANG MULAI TERKIKIS DAN ABRASI

LAHAT, LhL – Pengikisan bantaran Sungai Lematang terus terjadi. Bahkan, pengikisan di sekitar jembatan Lematang I, wilayah Desa Tanjung Payang, Kecamatan Kota Lahat, mengancam tiang Jembatan Lematang I. Belum ada upaya dilakukan untuk mencegah pengikisan yang terus terjadi.
Arus sungai yang cukup deras, telah mengikis belasan meter daratan. Pengikisan terjadi saat debit air meningkat. Sedangkan tembok penahan yang dibangun beberapa tahun lalu, telah ambrul terbawa arus. “Sudah lama (pengikisan),” ujar Dandi (36), warga Tanjung Payang.
Menurut Dandi, bila tidak cepat dipasang tembok penahan, dikhawatirkan tiang jembatan penghubung pusat Kota Lahat dengan belasan desa di seberang Sungai Lematang itu, akan ikut terkikis. “Untuk tiang jembatannya tidak mungkin terkikis, tapi penahan sekitarnya yang mengancamnya,” tegasnya.
Akibat pengikisan yang terus terjadi, lokasi yang dahulunya digunakan masyarakat untuk menikmati arus Sungai Lematang, juga mulai sepi. Apalagi arus sungai telah menyebabkan jalan penghubung ikut putus, dan hanya menggunakan jembatan darurat. “Sudah jauh sekali pengikisannya,” ujar Firmansyah (30), salah seorang warga, Senin (12/9).
Sementara itu, Bupati Lahat,  H Saifudin Aswari Rivai SE membenarkan, abrasi yang terus terjadi itu. Namun, bukannya Pemerintah Daerah (Pemda) berdiam diri.  “Sudah diprogramkan, tinggal menunggu waktu saja. Kawasan bantaran Sungai Lematang itu akan dihijaukan,” tandasnya.
Photo/Naskah : (BENS)
Baca Juga  IR SRI MELIAYANA : SEMUA PESERTA ADALAH PEMENANG

Check Also

Kehadiran Yulius Maulana di Kota Negara Disambut Tari Rairai

Author : Ujang LAHAT, LhL – Menghadiri undangan pernikahan Serly dan Jeli di Kelurahan Kota …

SMM Panel

APK

Jasa SEO