Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kikim Timur / SUDAH MASUK VERIFIKASI, KIKIM AREA SUDAH LAYAK JADI DOB

SUDAH MASUK VERIFIKASI, KIKIM AREA SUDAH LAYAK JADI DOB

KIKIM TIMUR, LhL – Kunjungan kerja (kunker) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fachrul Razi MIP, H Hendri Zainuddin SAg SH ke Kikim Area tidak lain untuk melakukan verifikasi fisik sebagai syarat terakhir dalam penentuan pemekaran Kikim Area menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) sebelum diterbitkannya peraturan pemerintah (PP) untuk pengesahannya.

Hadir juga pada kegiatan kunker diantaranya, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE, Wakil Bupati (Wabup), Marwan Mansyur SH MM, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Herliansyah SH MH, Kapolres, AKBP Rantau Isnur Eka Sik, Plh Sekda Lahat, Ramsi SIP MM, Ketua Presidium Kikim Area, Drs H Chozali Hanan MM, Anggota DPRD, Kepala SKPD, camat, kades, tomas, toga dan tamu undangan.
Pimpinan Komite I DPD RI, Fachrul Razi MIP mengucapkan, bahwasanya Kikim Area telah memenuhi persyaratan dan patut menjadi DOB merupakan pemekaran dari Kabupaten Lahat, tinggal bagaimana komitmen dan kekompakan dari masyarakat agar terealisasinya menjadi kabupaten definitif.
“Setelah kita lihat dari hasil verifikasi fisik, Kikim Area layaknya menjadi DOB. Ini akan kita perjuangkan sehingga diterbitkannya peraturan pemerintah (PP), apabila hal itu terwujud, maka, selanjutnya diberikan waktu selama tiga tahun, apabila komitmen, kebersamaan, kekompakan dan kekeluargaan antara masyarakat dan pemerintah, maka selanjutnya dipersiapkan menjadi kabupaten definitif, kalau sebaliknya, dikembalikan ke asal semula,” katanya, ditemui, usai kegiatan, Selasa (6/9).
Senada, Anggota DPD RI, H Hendri Zainuddin SAg SH menuturkan, untuk menjadi suatu kabupaten baru, tentunya harus ada kekompakan dari masyarakat maupun pemerintah setempat, sehingga pemerintah pusat (PP) dapat menerbitkan aturannya. “Kami akan memperjuangkan Kikim Area menjadi DOB, apabila dari persyaratan administrasi sudah lengkap, tidak ada kekurangannya lagi, sudah layak dimekarkan dan berpisah dari Kabupaten Lahat,” bebernya.
Sementara itu, Ketua Presidium Pemekaran Kikim Area, Drs H Chozali Hanan MM menyampaikan, 12 tahun penantian ini agar segera terwujud dan keinginan besar dari penduduk begitu tinggi untuk tumbuh dan berkembang dalam sektor infrastuktur yang memang belum optimal. “12 tahun cukup panjang penantian ini, perjuangan demi perjuangan, pertemuan demi pertemuan supaya terwujudnya Kikim Area menjadi DOB, dengan demikian, tidak hanya pembangunan semata, melainkan segala aspek dalam ditempuh dan pemerataan pun terjadi, inilah momen paling penting dan bersejarah,” tandasnya.
Terpisah, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE mengemukakan, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat mendukung sepenuhnya Kikim Area menjadi kabupaten baru, dengan demikian, akan banyak sekali hal-hal positif akan menghampiri termasuk juga anggaran pusat. “Anggaran pemerintah pusat maupun provinsi akan masuk dalam merealisasikan pembangunan ataupun bidang lainnya, sehingga pemerataan perekonomian kerakyatan semakin membaik, dan kita sangat mendukung dan minta kepada DPD RI guna memperjuangkannya sekuat tenaga,” pungkasnya.
Photo/Naskah   : (BENS)
Editor                  : (UJANG, SP)
Baca Juga  KAPOLSEK KIKIM TIMUR TINJAU PELAKSANAAN PILKADES

Check Also

Sambut Kehadiran YM di Lubuk Nambulan, Nela : Empuk Banyak Calon Bupati, Cuma Pak Yulius Pilihan Kami

Author : Ujang LAHAT, LhL – Seakan pulang ke kampung halaman sendiri kehadiran Yulius Maulana …

SMM Panel

APK

Jasa SEO