Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / DODI : DILIHAT DARI SEJARAH ORGANISASI, KNPI MUSDA 2013 ADALAH SAH

DODI : DILIHAT DARI SEJARAH ORGANISASI, KNPI MUSDA 2013 ADALAH SAH

LAHAT, LhL – Adanya desas desus dualisme ditubuh kepemimpinan nampaknya sudah menjadi budaya bagi organisasi diIndonesia. Pasalnya, tidak hanya terjadi pada Parpol (Partai Politik) saja melainkan dikabupaten Lahat organisasi seperti KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) menjadi rebutan dua kubu yakni versi Musda (Musyawarah Daerah) tahun 2013 Ganda taruna dan Musda 2016 Tanhar Effendi.

Dilapangannya, KNPI yang dibawah kepemimpinan Ganda taruna pada Rabu (10/8) tengah melakukan konsolidasi bersama PK (Pengurus Kecamatan) di Kabupaten Lahat. Sedangkan KNPI dari kubu karatekernya EmanSatria Hadi, pun langsung melakukan Musda dan terpilih Tanhar Effendi yang menjadi Ketua, setelah melalui proses pemilihan secara aklamasi yang dihadiri oleh elit politik dan para pejabat yang ada di Bumi Seganti Setungguan. Kondisi ini berjalan tertib meskipun diisukan berpotensi terjadi benturan.

Sementara itu, Ketua KNPI versi Musda tahun 2015, Ganda taruna, sangat menyayangkan adanya Musda dari kubu Tanhar Effendi. Terlebih lagi, masa kepemimpinannya akan berakhir pada bulan Desember 2016 mendatang. Bagi para PK yang terbukti menghadiri jelas akan langsung ditunjuk Caretaker demi kehormatan organisasi, dan untuk konsolidasi yang dilakukan bertujuan untuk kesuksesan Musda bulan Desember 2016 mendatang. “Musda memang hak mereka, namun masyarakat saat ini sudah cerdas berorganisasi. Sehingga bisa menilai KNPI mana yang disahkan, secara aturan yang berlaku. Kepengurusan kami akan berakhir pada bulan Desember 2016, namun mereka tidak mengerti bagaimana tatakrama berorganisasi”, ujarnya disela konsolidasi KNPI dihotel Buser Lahat (10/8).

Baca Juga  CAHAYA PAPARKAN PROGRAM UNGGULANYA KEPADA PEMUDA- PEMUDI LAHAT

Pihaknya, kata dia. Tidak akan menuntut hal ini kejalur hukum, hal ini mengingat demokrasi mencari kepengurusan KNPI Lahat yang baru, akan berlangsung pada bulan Desember 2016 nanti. Untuk itu pihaknya mengimbau agar seluruh anggota khususnya para PK agar tetap solid demi kemajuan organisasi khususnya para pemuda. “Kita tetap mengharapkan agar para pemuda dapat berprestasi dan jang melakukan hal yang merugikan diri sendiri,”imbuhnya.

Baca Juga  ALFIZ : TERIMA KASIH HOTEL GRAND ZURY LAHAT

Sedangkan Ketua MPI (Majelis Pemuda Indonesia) Kabupaten Lahat H Dodi Nasoha mengungkapkan, jika dilihat dari History (Sejarah-red) organisasi, maka kepengurusan yang sah adalah musda tahun 2013. Yakni, Ganda Taruna, namun jangan menganggap dualisme sebagai musuh melainkan harus disikapi dengan positif sehingga organisasi tetap berjalan. “Secara pribadi saya mengakui kepengurusan KNPI dibawah kepemimpinan Ganda Taruna karena sebelumnya saya yang menjadi ketua namun setelah Musda 2013 Ganda Taruna akhirnya terpilih secara Demokrasi”, pungkasnya.

Photo            : (ARSIP)

Naskah         : (MAN)

Check Also

Kompak, Semua RT/RW Talang Jawa Selatan Siap Perjuangan Yulius Maulana Jadi Bupati Lahat 2024

Author : Ujang LAHAT, LhL – Ingin mengenal lebih dekat sosok Yulius Maulana Calon Bupati …

SMM Panel

APK

Jasa SEO