Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / SEPI PEMBERITAAN, JEMBATAN KEBUR TERUS DIPERBAIKI

SEPI PEMBERITAAN, JEMBATAN KEBUR TERUS DIPERBAIKI

MERAPI BARAT, LhL – Jembatan adalah salah satu akses yang berfungsi untuk menghubungkan dua tempat yang terpisah, baik itu karena sungai, selat dan kondisi alam. Keberadaan jembatan sangat diperlukan dalam sistem jaringan transportasi darat dan agar bertahan lama penggunaannya maka perawatan jembatan sangat diperlukan untuk mencapai umur yang maksimal / rencana usia jembatan.

IMG-20160801-WA0000

Dari data bina marga, departemen pekerjaan umum menyebutkan bahwa pada saat ini indonesia telah membangun 89.000 Buah jembatan (ekivalen) kurang lebih 1.050 km, baik bersifat permanen maupun masih lintasan basah. Dari jumlah tersebut, lebih dari 35,000. buah jembatan atau kurang lebih sepanjang 660 km berada pada sistem jaringan jalan utama yaitu pada ruas jalan nasional maupun provinsi yang mendukung sistem perekonomian.

Baca Juga  H+1 IDUL FITRI, ASWARI DAN ROMONGAN HALAL BIHALAL DENGAN PANGDAM DAN KAPOLDA

Terkait dengan masalah perawatan jembatan sebagai infrastruktur transportasi yang vital, diperlukan adanya pemeriksaan dan perawatan jembatan secara periodik.secara umum ketahanan jembatan setidaknya harus mampu mencapai  50 tahun lebih.

IMG-20160801-WA0001

saat ini jembatan penghubung yang melintasi sungai Lematang di jalan lintas tengah sumatera (jalinsum) tepatnya di Desa Kebur Kecamatan Merapi Barat sedang dalam perbaikan yang sebelumnya sempat di beritakan di berbagai media baik cetak maupun media elektronik, yang mendekati lebaran kemarin sedang digenjot pengerjaannya akibat jembatan sudah menurun dan berlobang yang dapat membahayakan bagi pengendara yang melintas / melewatinya.
“Memang proses pekerjaan jembatan sebelahnya sudah selesai dapat dilewati oleh kendaraan, nah sekarang ini yang sebelahnya lagi masih dalam tahap pengeboran untuk meneruskan pekerjaan perwatan dan perbaikan,” ujar Man salah seorang pekerja jembatan.

Baca Juga  KADUS DAN BPD TELATANG, BANTAH LIMBAH B3 CEMARI LINGKUNGANNYA

Disisi lain, Iwan salah seorang pengendara yang hampir setiap hari melintas di jembatan ini, merasa senang jembatan ini mulai diperbaiki lagi walaupun terkadang ada kemacetan yang disebabkan oleh kendaraan yang lewat dengan sistem buka tutup.
“Biasanya pada sore hari terjadi kemacetan di jembatan ini, dikarenakan banyaknya kendaraan angkutan barang seperti truk yang lewat pada sore ataupun pada malam hari,” ujarnya.

Naskah / photo (Iin)

Check Also

Pembangunan Spal Tahun Anggaran 2024 di Desa Talang Sawah Mulai Dikerjakan

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 201/PMK …

SMM Panel

APK

Jasa SEO