Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / MEMASUKI MUSIM PANAS, HATI-HATI PUNTUNG ROKOKMU DAPAT MERUGIKAN ORANG LAIN…!

MEMASUKI MUSIM PANAS, HATI-HATI PUNTUNG ROKOKMU DAPAT MERUGIKAN ORANG LAIN…!

MERAPI BARAT, LhL – Diduga akibat api puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengendara yang mengenai rumput /daun kering sehingga terbakar, akibatnya rumput dipinggir jalan raya lintas sumatera terbakar tepatnya di Desa Gunung Agung kecamatan Merapi Barat, sabtu (30/7) sekitar pukul 08:00 WIB.

IMG-20160730-WA0001

informasi yang berhasil didapat, dari Hendy warga sekitar yang hendak berangkat pergi kebun yang tidak jauh dari lokasi kejadian, kebakaran terjadi oleh kebiasaan perokok yang melempar puntung rokok sembarangan tanpa dimatikan apinya terlebih dulu tanpa mereka sadari puntung rokok tersebut mengenai rumput kering yang mudah terbakar.
“Saya minta kesemua pengendara waspada dan berhati-hati membuang puntung rokok karena dapat mengakibatkan kebakaran lahan, sebelum puntung rokok dibuang agar apinya dimatikan terlebih dulu baru di buang, tujuannya untuk mengantisipasi kejadian seperti ini dan terhindar dari kebakaran,” ungkapnya.

Baca Juga  MELALUI LKDS DIHARAPKAN SISWA MAMPU MEWUJUDKAN FUNGSI DAN TUGAS POKOK ORGANISASI DI SEKOLAH

 

Disisi lain, Adi salah seorang pengendara sepeda motor yang kebetulan melintas menyesalkan kejadian ini akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab, membuang puntung rokok sembarangan yang mengakibatkan kebakaran.
“Puntung rokok yang dibuang sembarangan seringkali menjadi penyebab kebakaran, ditambah lagi angin kencang akibat kendaraan yang lewat maka puntung rokok itu segera menjadi bara yang mudah sekali untuk membakar yang ada disekitarnya,” terangnya.
Karena ini memasuki musim panas, katanya lagi, harus ada sosialisasi secara khusus oleh puhak terkait kapada pelaku usaha atau sopur sopir. “Seharusnya pihak terkait Seperti pihak Dinas Perhubungan bisa melakukan sosialisasi kepada para agen travel, pelaku usaha truck dan para sopir sopir yang melintas, agar kiranya jangan membuang rokok sembarangan terlebih saat melintas di areal hutan dan perkebunan,” ungkapnya memberikan sumbang saran.
Naskah / photo (photo)

Baca Juga  SATU LAGI..!! PEMBOBOL INDOMARET DIRINGKUS RESKRIM POLRES LAHAT

Check Also

Pj Bupati Muba Saksikan Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

MUSI BANYUASIN, gemasriwijaya.net – Bertempat di lapangan apel Mapolres muba, pada hari ini Rabu (03/04/2024) …

SMM Panel

APK

Jasa SEO