Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / BAZNAZ LAHAT BAGIKAN ZAKAT DI MERAPI AREA

BAZNAZ LAHAT BAGIKAN ZAKAT DI MERAPI AREA

MERAPI TIMUR, LhL – Jelang hari raya Idul Fitri 1437H tahun 2016, Baznas Kabupaten Lahat memberikan santunan berupa zakat fitra kepada ribuan kaun fakir miskin dan sejumlah guru ngaji yang ada di Kecamatan Merapi Timur, Kamis (30/6) kemarinj

Ketua Baznas Kabupaten Lahat, H M Nashir Syakni, S Ag, melalui Wakil Ketua II Bidang pendistribusian dan pendayagunaan zakat, Drs.Tatahudin menyebut, bahwa pihaknya  berharap, adgar pemberian zakat tersebut seiring dengan sebentar lagi perayaan Idul Fitri ini. “Akan sedikit meringankan beban bagi saudara kita yang hidupnya kurang beruntung (fakir miskin). Kemudian para guru ngaji, semoga jadi lebih termotivasi untuk membina dan mengajar para santri binaannya”, kata Tatahudin.

Baca Juga   PERDULI WARGA, LURAH INI BEDAH RUMAH

Secara khusus, ujar dia. Kepada para marbot, baznas berharap bantuan zakat ini dapat mendorong semangat mengurus kebersihan masjid. Berikut secara rutin pula mengumandangkan suara azan di setiap masuk waktu sholat lima waktu. “Untuk tahun 2016 ini, hari ini, kita membagikan zakat di Kecamatan Merapi Barat dan Merapi Timur, baru nanti hari berikutnya akan diberikan kerpada masyarakat yang daa di Kecamatan Pulau Pinang”, terangnya, lagi.

Ditanya tentang besaran atau jumlah zakat yang diberikan, Tatahudin menjelaskan. Di tiga lokasi tersebut akan di bagikan sebanyak Rp 356.050.000. Dengan rincian jumlah penerima sebanyak 1081 orang fakir miskin, untuk satu orangnya menerima Rp. 250.000.  “Nah kalau untuk guru ngaji, itu jumlah penerimanya 111 orang. Dengan rincian  Rp. 550.000 perorangnya. Serta 45 org mabot (Muazin dan pengurus kebersihan masjid) masing masing menerima Rp. 550.000 perorangnya. Sementara seluruh penerima manpaat zakat berjumlah 1237 orang”, jelas Tata.

Baca Juga   Wabup Tutup Pameran Pembangunan dalam Rangka Menyambut HUT Lahat

Sedangkan untuk penerima zakat yang tersebar di 17 kecamatan lainya, menurut Tata akan  direncanakan pembagiannya pada bulan Desembar 2016 yang mendatang. “Bukan berarti yang kecamatan-kecamatan lain itu tidak akan menerima, asal memang orang yang berhak menerimanya, pasti kita akan berikan”, pungkasnya.

Photo/Naskah : (UJANG, SP)

Check Also

Jaga Silaturahim dan Kebugaran, Pj Bupati Lahat Ajak Forkopimda dan Awak Media Senam Pagi

Author : Nopiriadi LAHAT, LhL – Guna menjaga hidup sehat serta kebugaran dan silaturahim dengan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO