Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / PATUNG “BETRI” MERAPI BARAT MASIH TERJAGA KELESTARIANNYA

PATUNG “BETRI” MERAPI BARAT MASIH TERJAGA KELESTARIANNYA

IMG-20160607-00238

MERAPI BARAT, LhL – Dewasa ini nilai budaya yang terpatri pada para remaja di bumi nusantara mulai luntur dan merosot jauh, sikap mereka untuk menghargai nilai budaya sangatlah tipis. namun untungnya tidak demikian di Lahat karena masih banyak anak muda yang peduli dengan kelestarian budaya walaupun sudah mulai bergeser, hal itu membuat Ujang salah seorang yang aktif menjaga kebersihan di lingkungan cagar budaya (patung manusia) di SMP N 2 di Desa Tanjung Telang Kecamatan Merapi Barat angkat bicara.

Menurut Ujang apapun peninggalan budaya dari nenek moyang kita wajib dan harus menjaga serta melestarikan keberadaannya karena itu bernilai sejarah. “sejarah itu tidak dapat dibeli dan mengukir sejarah tidaklah mudah, karena itulah wajib bagi kita untuk melestarikan dan menjaga apa yang sudah ditinggalkan oleh nenek moyang kita dahulu” tegas Ujang.

IMG-20160607-00233

Seperti patung manusia yang ada di SMPN 2 Merapi Barat ini kata Ujang, tidak sedikit yang mengaguminya lantaran patung ini memiliki nilai histori yang tinggi seperti warga dari kota lahat ataupun luar kota lahat berphoto untuk mengabadikan photonya di patung arca tersebut.katanya. “banyak masyarakat datang untuk melihat-lihat dan berphoto dipeninggalan sejarah sambil bertanya tentang patung arca manusia tanjung telang ini,”ungkapnya.
Disisi lain,Umar warga desa Tanjung Telang Kecamatan Merapi Barat yang bertugas sebagai penjaga sekolah SMPN 2 mengatakan, terkadang masih ada saja pengunjung yang datang walaupun sedang libur sekolah. “saat ini sekolah lagi libur terkadang ada pengunjung yang datang untuk sekedar melihat lihat patung arca manusia dan mengabadikan photonya” pungkasnya.
Naskah / Photo (I’in)
Baca Juga  WABUP LAHAT SAFARI RAMADHAN DI DESA PAYO

Check Also

Bantuan YM Peduli Terus Mengalir, Keluarga Musibah : Terima Kasih Pak Yulius Maulana

Author : Ujang LAHAT, LhL – Kerja solid Tim Yulius Maulana Peduli setiap hari terus …

SMM Panel

APK

Jasa SEO