Home / REGIONAL / PAGAR ALAM / Warga Rambai Kaca Sukamerindu Tanam Pohon Pisang sebagai Aksi Protes Jalan Rusak

Warga Rambai Kaca Sukamerindu Tanam Pohon Pisang sebagai Aksi Protes Jalan Rusak

Author : Toni Ramadhani

SUKAMERINDU, LhL – Sebuah pohon pisang ditanam di tengah ruas jalan rusak di Desa Rambai Kaca, Kecamatan Sukamerindu, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Rabu (17/04/2024).

Pohon pisang itu sengaja ditanam warga sebagai bentuk protes atas rusaknya jalan yang tak kunjung dibenahi. Mereka menuntut Pemerintah bertanggung jawab dan segera memperbaiki kerusakan jalan tersebut. Jalan itu merupakan akses utama masyarakat yang menghubungkan Kecamatan Sukamerindu dan Kecamatan Jarai.

Kerusakan jalan diperkirakan sepanjang 1,5 kilometer dengan berbagai macam bentuk kerusakan seperti aspal mengelupas, jalan berlubang, sampai membentuk sebuah kubangan air.

Baca Juga  Tak Jauh dari Eplasmen PT RMK, Warga Panang Jaya Ditemukan Meninggal saat Bekerja

Warga yang kesal atas kerusakan itu lantas menanam pohon pisang di jalan yang berlubang sebagai bentuk protes terhadap pemerintah yang tak kunjung turun tangan. “(Aksi tanam pohon pisang ini) bentuk protes ke Pemerintah karena jalan tidak diperbaiki. Kerusakannya sudah parah, kalau hujan jadi kubangan, kalau musim kemarau berdebu, dan sering terjadi kecelakaan,” kata salah seorang warga, Salim (55) saat ditemui. Seingat Salim, kurang lebih sudah 5 tahun jalan yang rusak itu tidak tersentuh perbaikan oleh pemerintah. Maka tak heran jika jalan tersebut rusak parah.

Baca Juga  DARUL QUTMI, DIDOR DALAM KAMAR TIDURNYA OLEH PERAMPOK

Kondisi kerusakan jalan itu diperparah karena drainase di tepi jalan tak berfungsi, sehingga debit air hujan yang tidak tertampung meluber dan membanjiri badan jalan.

“Jadi bukan hanya jalan rusak saja, tapi juga terjadi banjir karena saluran air sudah gak berfungsi,” ujar Salim.

Editor : RON

Check Also

Aplikasi Sistem Informasi Geoportal Kebijakan Satu Kabupaten Lahat, Peta Dilaunching

Author : BRP LAHAT, LhL – Mewakili Pj Bupati Lahat, Sekda Lahat Chandra, SH, MM …

SMM Panel

APK

Jasa SEO