Home / REGIONAL / PALEMBANG BARI / SO AKAN PIMPIN PEMEKARAN DAERAH-DAERAH DI SUMATERA SELATAN

SO AKAN PIMPIN PEMEKARAN DAERAH-DAERAH DI SUMATERA SELATAN

Author : Rill/SMSI-SS

PALEMBANG, LhL – Rapat konsolidasi, koordinasi dan buka bersama Forum Komunikasi Daerah Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baro (Forkoda PP DOB) se-Provinsi Sumatera Selatan dilangsungkan di Sekretariat Palembang Golf Club pada Senin (1/4/24).

Kegiatan rapat dimaksud dipimpin langsung oleh Ketua Forkoda PP DOB Se- Sumatera Selatan terpilih, yakni Ir. H. Syahrial Oesman, MM, dan dihadiri oleh sejumlah Presidium calon DOB di Sumatera Selatan diataranya adalah Presidium Kabupaten Pantai Timur pemekaran dari Kabupaten OKI, Presidium Kabupaten Gelumbang dan Presidium Rambang Lubai Lematang (RL2) pemekaran dari Kabupaten Muara Enim.

Presidium Kabupaten Banyuasin Timur pemekaran dari Kabupaten Banyuasin, serta Presidium Kabupaten Musi Ilir pemekaran dari Kabupaten Muba, turut hadir dalam kegiatan dimaksud adalah CDOB.

Rencana Pembentukan Kotamadya Baru seperti Presidium Betung pemekaran dari Kabupaten Banyuasin dan Presidium Tanjung Enim pemekaran dari Kabupaten Muara Enim, serta Presidium Provinsi Sumsel Barat pemekaran dari Provinsi Sumatera Selatan.

Billy salah satu peserta rapat yang mewakili Presidium Provinsi Sumsel Barat mengapresiasi inisiasi SO, sapaan Ketua Forkoda Sumsel, yang telah mengumpulkan hampir seluruh Presdium Pemekaran di Provinsi Sumatera Selatan

Baca Juga  Miris, Kondisi Sekolah Terpopuler di Bayung Lencir Ini Memprihatinkan

“Saya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Rapat konsolidasi dan koordinasi Presidium se-Sumatera Selatan, apalagi sejak beberapa dekade gerakan pemekaran terdengar sumir di bumi Sriwijaya, saya yakin kegiatan yang digagas pak SO ini bisa menjadi triger bagi gerakan pemekaran di Sumatera Selatan,” terang perwakilan Presidium Sumsel Barat itu.

SO, Ketua Forkoda PP DOB se-Provinsi Sumatera di dalam mengawali rapat menututurkan bahwa kepengurusan Forkoda Sumsel yang saat ini dinahkodainya dalam waktu dekat akan dilantik secara resmi oleh Ketua Umum Forkonas PP DOB se-Indonesia.

“InsyaAllah diakhir Mei 2024 Pengurus Forkoda Sumsel akan dilantik oleh Pusat”, terang SO.

Rapat konsolidasi dan koordinasi yang dipimpin SO tersebut berfokus pada arahan nasional untuk segera menyusun atau merapikan kembali apa yang menjadi prasyarat dan persyaratan dalam pembentukan daerah otonomi baru.

“Bahwa saat ini, di lastminute pemerintahan Presiden Joko Widodo sudah ada signal bagus, ini informasi dari Forkonas yang disampaikan kepada kami. Jadi, kita di daerah dan atau daerah-daerah yang sedang kita perjuangkan untuk menjadi DOB harus bersiap-siap”, tegas Ketua Syahrial.

Baca Juga  Dinilai Merusak Lingkungan dan Rugikan Negara, Polres Muba Tutup Ilegel Refinery

Selanjutnya, Syahrial Oesman menambahkan bahwa segala prasyarat dan persayaratan, baik administrasi ataupun kewilayahan seperti penataan batas, penataan jumlah wilayah-wilayah daerah otonomi barunya, itu diupayakan sudah terfinalisasi semua di tahun 2024.

Signal yang disampaikan oleh Fornonas PP DOB Se-Indonesia, dikemukan dan dibahas tuntas di forum rapat dengan diilustrasikan ke dalam sebuah sirkuit arena balap.

“Saat ini kita harus tancap gas melakukan test lap, untuk menguji ketangguhan mesin dan mengukur jalanan serta tingkat ketajaman tingkungan, jadi ketika presiden Jokowi memberikan lampu hijau pemekaran daerah, kita di Sumsel tidak ketinggalan, tinggal tarik gas saja” tutur Ketua Forkoda, Syahrial Oesman.

Terpantau, rapat Forkoda Bersama Presedium pemekaran se-Sumsel, berjalan dengan khidmat dan diakhiri dengan berbuka bersama.

Editor : RON

Check Also

13 Kapolsek Polres Muba Terima Penghargaan

Editor : RON MUSI BANYUASIN, LhL – Sebanyak 13 Kapolsek jajaran polres Muba hari ini …

SMM Panel

APK

Jasa SEO