Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / Pj Bupati Lahat : Statistik Adalah Pilar Penting dalam Proses Pembangunan

Pj Bupati Lahat : Statistik Adalah Pilar Penting dalam Proses Pembangunan

Author : BRP

LAHAT, LhL – Bertempat di Gedung Pertemuan Pemda Lahat, telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Statistik Sektoral diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dengan tema Mewujudkan Satu Data Lahat, hari Jum’at (1/3/24) pukul 08.00 WIB.

Dihadiri oleh Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, S. STP, M. Si, Sekda, Chandra, SH, MM, Asisten I, H. Rudi Thamrin, SH, MM, Kepala Bappeda, Feryansyah Eka Putra, ST, MM, Kepala Dinas Kominfo, H. Rudi Dharma Kurniawan, SE, MM, Kepala BPS, Muhammad Dedy, SST, M. Si, Seluruh Kepala OPD, Seluruh Camat, Rektor Unsela, Ketua STIT dan undangan lainnya.

Baca Juga  Sedang "Jalan" ke Pemda Lahat, Owner Media Online Ini Diringkus Polisi

Sesuai Perpres No 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonedia (SDI), BPS berperan selaku pembina data. Salah satu prinsip yang dilakukan dalam Satu Data Indonesia adalah Metadata. BPS selaku pembina data melakukan pembinaan statistik sektoral dengan pengumpulan Metadata Statistik Sektoral. Salah satu rangkaian pengumpulan Metadata Statistik Sektoral adalah Focus Grup Discussion (FGD).

Dalam sambutannya, Muhammad Farid menjelaskan bahwa data statistik adalah pilar penting dalam proses pembangunan Kabupaten Lahat.

“Data yang valid dan akurat sangat dibutuhkan sebagai dasar penyusunan perencanaan, pengambilan keputusan yang tepat, serta monitoring dan evaluasi kebijakan di seluruh aspek pemerintahan. Untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah , membutuhkan koordinasi dan kolaborasi dari seluruh OPD/Instansi/Lembaga yang ada di Kabupaten Lahat ini dalam Statistik Sektoral”, kata Farid.

Baca Juga  PEMDA DAN KEJARI LAHAT TANDATANGANI NASKAH KERJASAMA

Lanjutnya Muhammad Farid didampingi Rudi Thamrin menyerahkan piagam penghargaan kepada OPD yang telah melaksakan Metadata ke BPS.

“Dengan piagam penghargaan ini semoga bisa meningkatkan kinerja kita dalam hal ini menjalankan Metadata Statistik Sektoral, untuk OPD yang belum menjalankan agar segera dijalankan”, tambahnya. Editor :

RON

Check Also

Lewat Visitasi EPSS, Kominfo Muba Target IPS Raih Predikat Baik

Editor : RON MUBA, LhL – Badan Pusat Statistik selaku Pembina data Statistik sektoral mengadakan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO