Home / BERITA NASIONAL / Minta Pertanggungjawaban Gedung AKN Mangkrak, Formasa Desak KPK Periksa Sutoko

Minta Pertanggungjawaban Gedung AKN Mangkrak, Formasa Desak KPK Periksa Sutoko

Author : Hen/CJ

JAKARTA, LhL – Sejumlah pemuda mengatasnamakan Forum Mahasiswa Sumatera Selatan (Formasa) mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk meminta usut proyek mangkrak gedung Akademi Komunitas Negeri (AKN) Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat. Mereka melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Merah Putih KPK RI, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (11/2/2023).

Menurut koordinator aksi, Syahrizal Fanani, proyek AKN dianggarkan saat Sutoko menjadi kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat yang diduga telah terjadi penyalahgunaan wewenang yang mengakibatkan proyek mangkrak.

“Proyek ini sebenarnya sudah lama dipersoalkan, karena dengan anggaran yang mencapai 5 miliar lebih itu ternyata mangkrak. Dugaan kuat, telah terjadi tindak pidana korupsi yang mengakibatkan kerugian negara yang harus diusut tuntas oleh KPK,” kata Rizal depan KPK.

Baca Juga  Forum Kades Kabupaten Lahat Apresiasi Program Bupati Lahat dan Wakil Bupati Lahat

Rizal meminta KPK segera periksa mantan kepala Dinas Pindidikan Lahat Sutoko karena proyek itu merupakan tanggung jawabnya.

“Sutoko harus bertanggung jawab, karena dia yang punya proyek ini jadi KPK harus turun tangan dan segera periksa Sutoko karena jangan sampai anggaran miliaran rupiah terbuang sia-sia,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rizal meyakini KPK akan bertindak tegas kepada siapapun yang diduga melakukan tindak pidana korupsi.

Baca Juga  Ditemukan 246 Peluru, Toa Masjid di Kelurahan Tanah Periuk Hancur Ditembak

“Kami mendukung penuh KPK untuk memberantas korupsi di negeri ini,” ucapnya.

Namun, kata Rizal, apabila tuntatannya tidak segera ditindak lanjuti maka dipastikan akan melakukan aksi kembali di depan KPK.

“Tuntutan kami jelas, Sutoko harus diperiksa dalam rangka mengusut dugaan proyek mangkrak AKN Lahat, jika tuntatan kami (Formasa) tidak segera direspon maka kami siap aksi berjilid-jilid di depan KPK,” tandasnya.

Editor : RON

Check Also

DPRD Hearing Bersama Masyarakat Terkait Tapal Batas

BENGKULU SELATAN, LhL – Pada hari Senin, 15 Juli 2024 DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan menerima …

SMM Panel

APK

Jasa SEO