Home / REGIONAL / MUARA ENIM / Wujudkan Program GSMP, Herman Deru Penen Padi Bersama BEMPI di Segamit

Wujudkan Program GSMP, Herman Deru Penen Padi Bersama BEMPI di Segamit

Author : Elan. A

MUARA ENIM, LhL – Program  Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang digagas Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru terus dimasifkan. Salah satunya melalui kegiatan Bina Desa Tingkat Nasional digelar oleh Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Pertanian Indonesia (BEMPI) yang dipusatkan  di Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan Bina Desa Tingkat Nasional yang dihadiri ratusan BEMPI dari sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Herman  Deru, Senin (25/7) sebagai upaya mensukseskan program mandiri pangan.

Dalam kesempatan itu pula, dirinya berharap melalui ilmu yang disalurkan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Pertanian Indonesia (BEMPI), petani di Desa Segamit lebih produktif memasarkan hasil padi maupun kopi yang telah para ditanam melalui cara yang terarah.

Baca Juga  Gubernur Sumsel dan Menhub Gelar Rakoor Terkait Pembangunan Peleabuhan Tanjung Perak

“Sebagai salah satu daerah dengan lahan kopi terbesar di Indonesia, sudah seharusnya Kopi Khas Semende bisa dikenal secara Nasional dan Internasional”, sebut dia.

Di samping itu, Herman Deru  sangat mengapresiasi kepada mahasiswa BEMPI yang telah memberikan binaan dibidang pertanian kepad para petani di Desa Segamit. 

“Program kerja BEMPI selama di Desa Segamit harus sukses dikalangan para petani di Desa Segamit dan memberikan dampak positif dalam produksi padi dan kopi khas Semende”, tegasnya.

Baca Juga  Begini Momen Hari Raya Idul Fitri 2023 di Kediaman Mawardi Yahya

Dalam rangkaian pembukaan Bina Desa Nasional Tahun 2022 diselenggarakan BEMPI kali ini ditandai  dengan Panen Raya Padi Varietas Lokal dan Panen Agung Kopi Desa Semende.

Jenis padi yang dipanen kali ini juga merupakan jenis padi varientasi lokal, dengan berat kurang lebih 150 gabah kering panen. Di lahan 1 Hektare tersebut biasanya dapat menghasilkan kurang lebih 3 ton beras.

Editor : RON

Check Also

Ketua PWI Sumsel bersama Danrem 044/Gapo Bahas Sinergitas

Author : Release PWI Sumsel PALEMBANG, LhL – Komandan Korem 044/ Garuda Dempo Brigjen M. …

SMM Panel

APK

Jasa SEO