Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Sebingkai / Camat Mulak Sebingkai Hadiri MusrenbangDes Danau Belidang RKPDes Tahun 2023

Camat Mulak Sebingkai Hadiri MusrenbangDes Danau Belidang RKPDes Tahun 2023

Author : Ivi Hamzah

MULAK SEBINGKAI, LhL- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Danau Belidang Kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, hari ini Senin (27-6-2022) menggelar musyawarah rencana pembangunan desa tahun 2022, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023. Acara musyawarah rencana pembangunan desa tahun anggaran 2023 ini dilaksanakan di kantor desa Danau Belidang yang dihadiri langsung oleh Herwansyah SE MM, Camat Mulak Sebingkai, Kepala Desa Danau Belidang Ektra Wansya, Kanit Binmas Polsek Mulak Ulu Bripka Andi Maulana, Babinsa Koramil 405/09/ Kota Agung Serda , Serda Didik, Pendamping Desa (PD) PLD, PDTI, dan masyarakat.

Musyawarah rencana pembangunan desa ini dibuka langsung oleh April Leksi ketua BPD Desa Danau Belidang. Dalam sambutannya, April mengucapkan terimakasih kepada seluruh Forkopimcam Mulak Sebingkai, Kades, perangkat desa dan masyarakat yang telah hadir dalam musyawarah rencana pembangunan desa tahun anggaran 2023. Adapun tujuan Musdes dilaksanakan hari ini guna menampung usulan dari masyarakat untuk rencana kerja pembangunan desa tahun anggaran 2023.

“Kami sudah menampung beberapa usulan masyarakat melalui musyawarah dusun terlebih dahulu, dan hari ini kita memfinalisasi usulan tersebut dalam musyawarah rencana pembangunan desa tahun anggaran 2023 mendatang. Semoga beberapa usulan tersebut dapat mewakili seluruh suara masyarakat,”ungkapnya.

Sementara itu Camat Mulak Sebingkai Herwansyah SE MM, mengharapkan kepada seluruh masyarakat, bahwa setiap pembangunan dan belanja desa harus melalui Musyawarah Desa (Musdes). Oleh karena itu ia meminta pada masyarakat agar mengusulkan apa saja yang menjadi skala prioritas bagi desa untuk pembangunan tahun anggaran 2023 mendatang. Karena ia tak ingin menerima laporan dari masyarakat menyatakan kades tak bermusyawarah dengan masyarakat dalam membangun desa.

Baca Juga  Tuntut Tujuh Bulan Pelaku Pemerkosaan, Begini Alasan JPU

“Kami berharap semoga Musdes ini dapat berjalan dengan lancar, dan semoga desa danau belidang kedepannya akan menjadi desa yang maju dari sebelumnya. Oleh sebab itu dukung pemerintahan yang baru ini agar dapat menjalankan tugasnya sebagai kepala desa yang diharapkan masyarakat banyak,”harapnya.

Musyawarah rencana pembangunan desa yang dilaksanakan dipertengahan tahun ini adalah sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri, bahwa rencana pembangunan desa tahun selanjutnya harus dibahas sejak saat ini oleh desa, sebagai usulan perencanaan pembangunan tahun depan. Pernyataan ini disampaikan oleh Erfan Esfarendi selaku pendamping desa saat memberikan arahan dan beberapa program pemerintah dalam membangun desa.

“Apa saja yang diusulkan oleh masyarakat desa untuk pembangunan desa tahun depan, harus dilakukan melalui musyawarah rencana pembangunan desa seperti hari ini yang termasuk dalam program kepala desa yang dituangkan dalam RPJMDes. Untuk penyaluran BLT-DD sesuai dengan inpres masih dilanjutkan sampai tahun 2024. Dan seandainya masyarakat tidak ingin menerima lagi BLT-DD boleh, yang terpenting ada kemufakatan bersama demi pembangunan desa. Jadi silahkan masyarakat mengusulkan pembangunan tahun anggaran 2023 yang menjadi skala prioritas bagi desa,”paparnya.

Baca Juga  Bupati Lahat Hadiri Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana S1 STIT- YPI Lahat

Dikesempatan ini Danramil Kota Agung Kapten CBA Ndaru Wedono melalui Babinsa Serda Didik menyampaikan, dalam kehadirannya di setiap kegiatan desa adalah tugas pokok selaku Babinkamtibmas untuk mendampingi. Pihaknya sangat mendukung setiap program pemerintah desa dalam membangun desa demi masyarakat.

“Kami berharap desa kedepannya akan menjadi desa yang mandiri sesuai dengan harapan kita bersama. Maka dari itu sinergitas antar sesama tetap terjalin komunikasi yang baik demi kelancaran proses dan kerja kita. Mari jaga keamanan dan ketertiban masyarakat dilingkungan kita,”ajaknya.

Menanggapi beberapa usulan dari masyarakat tersebut, Ektra Wansya kepala desa Danau Belidang akan menampung semua usulan yang telah disampaikan masyarakat melalui BPD. Akan tetapi ia juga memohon maaf apabila ada beberapa usulan tidak dapat diwujudkan tahun 2023 mendatang, ia akan berusaha dianggarkan tahun selanjutnya. Adapun usulan yang telah disampaikan akan pemerintah desa tampung terlebih dahulu seperti yaitu pembuatan sumur bor, jenis kegiatan PKK, alat marawis, seragam PKK, meja dan alat prasmanan, peralatan kantor.

“Kami pemerintah desa mengharapkan penuh kepada masyarakat atas dukungannya, agar semua yang kita rencanakan dalam membangun desa dapat berjalan dengan lancar,”pungkasnya.

Editor : Ron

Check Also

Ubah Sistem Pengarsipan, Pemkab Lahat Luncurkan Aplikasi Srikandi

Author : BRP LAHAT, LhL – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar …

SMM Panel

APK

Jasa SEO