Home / REGIONAL / PAGAR ALAM / Gunung Dempo di Kota Pagar Alam Mengeluarkan Abu Vulkanik

Gunung Dempo di Kota Pagar Alam Mengeluarkan Abu Vulkanik

Author : Toni Ramadhani

PAGARALAM, LhL – Salah satu Gunung api tertinggi di Sumatera yaitu Gunung Dempo di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) terpantau mengeluarkan abu vulkanik, Selasa (31/5/2022).

Gunung Dempo saat ini masih berstatus waspada atau level II. Guguran abu vulkanik berjatuhan di daun teh di kawasan tersebut. Jalanan di kawasan itu juga nampak bewarna putih akibat ditutupi guguran abu vulkanik.
Namun belum bisa dipastikan kapan Gunung Dempo mengeluarkan abu vulkanik tersebut.

Berdasarkan pantauan, disekitar ketinggian kurang lebih 1.000 MDPL semua tanaman tampak memutih akibat dari abu vulkanik tersebut.
Bahkan hal ini juga dibenarkan oleh sejumlah warga yang tinggal dikawasan Gunung Dempo.

Baca Juga  Kantin DeWe RSMH Palembang, Kantin Sehat Bagi Keluarga Pasien, Pengunjung dan Karyawan

Berdasarkan data yang berhasil di dapat Lahathotline.com di Pos Pengamatan GAD Kota Pagar Alam bahwa benar jika pada Selasa (31/5/2022) tengah malam yaitu pukul 01.55 WIB alat Siesmograf di Pos GAD mencatat ada gempa hebusan.

“Berdasakan rekaman alat Siesmograf memang tercatat ada gempa hebusan yang terjadi sekitar 3 menit dari pukul 01.52 wib sampai pukul 01.55 wib tadi malam,” ujar Wiwit Petugas Pos Pengamatan GAD.

Wiwit menjelaskan jika bercak abu Vulkani yang terdapat dibeberapa titik kawasan Gunung Dempo disebabkan adanya hebusan abu Vulkanik dari GAD tersebut yang tertiup angin.

Baca Juga  Warga Binaan LP Kelas II B Kayuagung Diduga Dianiaya Oknum Sipir Karena Hutang Sabu

“Dari hasil pantauan kami kelokasi ketinggian sekitar 1.500 MDPL memang ada abu vulkanik yang menempel di daun teh dan tanaman lain bahkan jalan. Itu hasil hebusan abu vulkanik GAD yang terbawa angin,” jelasnya.

Namun ditegaskan Wiwit jika tidak semua bagian dari Gunung Dempo yang terkena hujan abu vulkanik tersebut. Hanya ada berapa titik saja.

“Bahkan hasil pantauan kami ke lokasi kawasan kampung IV dan kampung II tidak ada abu vulkanik. Jadi abu yang ada dan terlihat itu terbawa angin saat GAD hembuskan abu tersebut,” katanya.

Editor : Ron

Check Also

Pansus Pansus DPRD Prov. Sumsel Dapat Memahami dan Menerima LKPJ Gubernur Sumsel TA 2023

Author : Elan PALEMBANG, LhL – Setelah Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk pada paripurna yang …

SMM Panel

APK

Jasa SEO