Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kikim Tengah / Usai Tanam Sawit, Bupati Lahat Resmikan Masjid di Purba Mas

Usai Tanam Sawit, Bupati Lahat Resmikan Masjid di Purba Mas

Author : Ujang

LAHAT- Usai melaksanakan peletakan batu pertama pendirian Madrasah Diniyah Nurul Iman di Desa Banyu Mas, Bupati Lahat, Cik Ujang, SH bersama Wakil Bupati, H. Haryanto, SE, MM, didampingi Sekda Lahat, Chandra, SH, MM serta jajaran OPD dan rombongan lainnya, langsung melaksanakan penanaman bibi Kelapa Sawit bagi rakyat pekebun, sekaligus peresmian Masjid Nurul Quro di Desa Purba Mas, Kecamatan Kikim Tengah, Selasa (19/10/2021).

Tiba di lokasi Bupati Lahat Cik Ujang, SH bersama Wakil Bupati, Sekda, Kapolsek, Danramil, Direktur Cabang Bank Sumsel Babel dan pejabat lainnya secara simbolis menanamkan binit Sawit. Sebelumnya Bupati Lahat mengatakan, dirinya sangat mendukung masyarakat perkebunan rakyat di sini. Terlebih lagi kegiatan ini dimotori oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan, yang semuanya menyangkut dengan niat untik kesejahteraan masyarakat.

 

“InsyaAllah jalan akan kita perbaiki lagi dengan cor beton. Kepada Kepala PUPR dan Dinas Perkebunan yang sering masuk ke sini. Bila perlu divideokan jalan masuk ke sini, supaya nanti kita tahu seperti apa kondisi jalan ini sebelum dibangun pak Bupati dan sesudah dibangun oleh Bupati. Semoga tanaman sawit pekebun yang kita tanam hari ini tumbuh subur serta banyak buahnya dan masyarakat sejahtera”, cestusnya.

Seniken Kades setempat yang mewakili masyarakat Desa Purba Mas  mengucapkan terimakasih kepada pak Bupati dan rombongan sudah sempat hadir, di mana beliau mungkin banyak kesibukan lainnya, namun pak Bupati masih sempatkan hadir dalam rangka tanam kelapa sawit pekebun bersama di Desa Purbamas.

Baca Juga   Sidak, Wabup Lahat Temukan Sejumlah Karyawan PT. SERD Isoman di Perhotelan

“Petani Kelapa Sawit mengucapkan terimakasih atas perjuangan Pak Bupati yang sudah berusaha melaksanakan program tanam Kelapa Sawit bersama ini. Semoga petani di desa kami ini jaya dan masyarakat sejahtera, serta kedepan semakin bercahaya. Kemudian dari hasil swadaya masyarakat menisihkan 25 rupiah tiap kilogram penjualan buah Sawit lebih kurang 1,6 miliyar selama 1,5 tahun, maka masayarakat di sini dapat membangun Masjid. Masjid ini berarti Cahaya Desa dan juga bisa Bercahaya. Untuk itu kami mohon nanti Pak Bupati meresmikan masjid kami ini. Atas perhatian Pak Bupati Cik Ujang pada kondisi kami di sini, kami doakan dan mendukung, agar Pak Cik Ujang dan Pak Haryanto menjabat lagi, supaya Lahat semakin bercahaya”, ungkapnya.

 

Sementara sambutan Kepala Dinas Perkebunan, Vivi Anggraini S. STP, M. Si dalam laporannya menyampaikan, secara umum areal Perkebunan Sawit Rakyat di Kabupaten Lahat Rata-rata sudah berumur 25 tahun, sehingga tidak berproduksi lagi secara maksimal. Untuk mengembalikan produksi dimaksud, perlu dilakukan peremajaan.

“Perlu saya sampaikan juga, kegiatan tanam kelapa sawit ini untuk meningkatkan produksi, meningkatkan pendapatan petani yang selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit, Alhamdulilah telah dilaksanakan pada hari ini, dan akan menjadi momen perjuangan peningkatan petani kelapa sawit yang nantinya akan meningkatkan pendapatan masyarakat Kabupaten Lahat yang Bercahaya”, sampainya.

Bupati Lahat, Cik Ujang sekaligus meresmikan Masjid Nurul Quro berharap kepada seluruh petani agar fasilitas yang sudah diperbantukan dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan pembentukannya. Dirinya juga berharap, agar hubungan antar petani, Dinas Perkebunan, penyuluh pertanian perbankan dapat berhubungan dengan baik, agar peremajahan kelapa sawit dapat dilakukan jug ditempat perkebunan yang lain.

Baca Juga   Polres Lahat Kembali Vaksinasi Mobile Presisi Sasaran Pelajar dan Masyarakat

“Kami mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Lahat, kami juga berharap pembangunan di segala bidang akan sukses dan Bercahaya. Tadi saya dengar bahwasanya pembangunan Masjid Nurul Quro ini atas kekompakan swadaya dari masyarakat, maka dari itu saya sangat bangga atas kekompakan masyarakat Desa Purba Mas ini yang telah mewujudkan pembangunan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Ke depan, kiranya kekompakan ini selalu ditingkatkan”, kata Bupati Lahat.

Ia bersyukur, apa yang dijanjikan pasangan Cik Ujang – Haryanto “Cahaya” di masa kampanye dahulu, sudah terbukti dengan dibangunnya jalan di kawasan Kikim Area.

“Alhamdulilah program pak Bupati dan Wabup sudah terlaksana membangun jalan cor beton di Desa Purba Mas. InsyaAllah pembangunan jalan kita sambung lagi. Dengan mengucapkan Bissmillahirrohmanirrohim Masjid Nurul Quro Desa Purbamas saya resmikan “, pungkasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan untuk sarana masjid oleh Bupati Lahat dan pemberian pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Kepala Cabang Bang Sumsel Babel.

Di akhir kegiayan, Bupati langsung melakukan pemotongan pita peremian masjid dan menandatangan prasasti oleh Bupai Lahat, dengan didampingi Wakil Bupati dan Sekda Lahat serta pejabat lainnya.

Editor : RON

Check Also

Wabup Lahat Buka Lomba Cipta Menu B2SA, Sakiligus Bagikan Hadiah Pemenang

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, melalui …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!