Home / PEMPROV SUMSEL / Sumsel Bakal Kerjasama Bidang Iptek Dengan Negara Rumania

Sumsel Bakal Kerjasama Bidang Iptek Dengan Negara Rumania

  • Herman Deru Sorot Sejumlah Poin Yang Dikerjasamakan

Author : Elan/Humprov

PALEMBANG, LhL – Banyaknya potensi di Sumatera Selatan (Sumsel) yang bisa dimanfaatkan, menjadi lirikan sejumlah negara di dunia. Tak terkecuali negara Rumania.

Dimana negara yang merupakan bagian Uni Eropa tersebut mengirimkan delegasinya dalam rangka kerjasama dan misi investasi dari pengusaha Rumania ke Sumsel.

Gubernur Sumsel H Herman Deru menyambut langsung kedatangan delegasi Rumania tersebut di Griya Agung, Palembang, Sabtu (29/5).

Dalam pertemuan itu, Herman Deru menjelaskan beberapa poin yang dapat dilakukan kerjasama antara Sumsel dengan negara Rumania. Kerjasama tersebut berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat mendongkrak perkembangan Sumsel.

Baca Juga   TP-PKK DAN DWP SUMSEL TINGKATKAN KEBERSAMAAN DENGAN HALAL BIHALAL

“Kita lebih tertarik untuk bertukar ilmu pengetahuan dan teknologi. Sumsel ini butuh itu (ilmu pengetahuan) agar Sumber Daya Alam (SDA) di daerah ini dapat terkelola dengan baik,” kata Herman Deru.

Dia mengatakan, kerjasama yang dibutuhkan oleh Sumsel seperti kerjasama di bidang sumber daya air, baik air untuk pemanfaatan pertanian maupun untuk konsumsi.

Kedua, Kerjasama di bidang modifikasi cuaca juga dinilai penting. Apalagi, setiap tahunnya Sumsen kerap dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), tentunya Sumsel harus memiliki teknologi yang mumpuni sehingga penanganan karhutla dapat lebih efisien.

Baca Juga   Feby Deru Terus Promosikan Produk Lokal di Ramadhan Sale Kriya Sriwijaya

Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova Amhar Azeth mengatakan, perkembangan teknologi saat ini memang dibutuhkan oleh Sumsel. Hal itu untuk mendongkrak pengelolaan potensi SDA yang begitu banya di Sumsel ini. Apalagi, Sumsel ini memiliki perkebunan karet yang cukup luas dan produksi kopi yang dikenal.

Menurutnya, upaya untuk kerjasama dengan negara Rumania ini prosesnya telah dilakukan selama satu tahun.

“Ini bukan hal baru. Ini proses dari satu tahun lalu. Kita bersyukur saat ini bisa terwujud. Semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik,” terangnya.

Editor : RON

Check Also

Gubernur Sumsel Hadiri Puncak HUT MUBA

Author : Elan/Humprov PALEMBANG, LhL – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengahadiri Sidang Paripurna …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!