Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / Sering “Blank Sport”, DD Dihalalkan Bangun Tower Celluler

Sering “Blank Sport”, DD Dihalalkan Bangun Tower Celluler

Author : Prima

LAHAT, LhL – Masih banyaknya “blank spot” atau zona susah sinyal telekomunikasi seluler di desa membuat Pemerintah Pusat melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hal tersebut. Melalui anggaran prioritas Dana Desa (DD) Tahun 2021. Pemerintah desa bisa menggangarkan pembangunan fisik desa seperti Tower Internet guna kelancaran informasi di zaman modern ini. Rabu (13/01).

Sebagaimana diketahui, pembangunan tower telekomunikasi masih belum merata. Tower masih terpusat di daerah ramai. Bahkan, ada sejumlah desa masih mengalami blank spot sinyal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMDes) Kabupaten Lahat Ekman Mulyadi SSos melalui Kabid Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa, Yanuar Ardiansyah SE MAP mengatakan,

Baca Juga  RIBUAN MASYARAKAT LAHAT SAKSIKAN PENAMPILAN GHEA DAN KEISYA DI LAPANGAN MTQ

“Desa bisa membuat akses internet gratis di area masing masing untuk digunakan oleh masyarakat.” ucap Yanuar

Lanjut Yanuar menjelaskan tidak terdapat pembatasan anggaran dalam pemasangan internet desa ini. Di tengah pandemi virus corona (Covid 19), internet sangat dibutuhkan seperti pembelajaran jarak jauh untuk siswa sekolah dan pembangunan tower internet untuk membuka akses informasi dan memperoleh informasi.

“Bagi desa yang Blank Spot bisa menganggarkan untuk pemasangan Tower Internet, asalkan itu menjadi prioritas masyarakat saat Musyawarah Desa (Musdes),” ungkapnya

Dikatakan Yanuar, untuk pembangunan tower dilakukan di tanah milik pemerintah desa, karena itu bagian dari aset desa. Menurutnya, pembangunan tower desa tidak boleh dibangun di tanah pribadi ataupun di lingkungan rumah pribadi Kepala Desa.

Baca Juga  45 Personel Polres Mura Ikuti Tes Kenaikan Pangkat Uji Bela Diri

“Lokasi tower desa diwajibkan dibangun di tanah milik pemerintah desa atau di tempat umum,” ungkapnya

Sambungnya, bagi kepada desa yang tengah membangun fasilitas jaringan internet desa, pihaknya berharap pembangunan dilakukan secara maksimal bersama pihak penyedia jasa (provider), agar jangan sampai gagal.

“Seperti di Desa Karang Rejo sempat melaksanakan pembangunan Tower Internet dan sudah berjalan, akan tetapi gagal, karena tidak maksimal sehingga putus kontrak.” tutupnya.

Editor : Ron

Check Also

Eratlah Silahturahmi, Lurah RD PJKA Bandar Agung Ajak Semua Elemen Masyarakat Halal-Bihalal

Author : Ujang LAHAT, LhL – Usai melaksanakan hari raya Idul Fitri 2024 beberapa waktu …

SMM Panel

APK

Jasa SEO