Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / FORKOPIMCAM MULAK ULU HADIRI PENYERAHAN BLT- DD KE 154 KPM DESA LAWANG AGUNG

FORKOPIMCAM MULAK ULU HADIRI PENYERAHAN BLT- DD KE 154 KPM DESA LAWANG AGUNG

Author : Ivi Hamza

MULAK ULU, LhL – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang digelontorkan pemerintah pusat melalui pemerintah desa sebagai dana bantuan sosial dampak terhadap virus Corona yang saat ini sedang melanda Indonesia. Maka hari ini Rabu (27-05-2020) pemerintah Desa Lawang Agung Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, BLT-DD diserahkan ke masyarakat. Penyerahan BLT-DD Desa Lawang Agung dihadiri langsung Forkopimcam Mulak Ulu, Perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa, Pendamping Desa, (PD) LPM, LPA, dan KPM BLT-DD.

IMG-20200527-WA0011

Dili, Kepala Desa Lawang Agung, dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah seluruh Kepala Keluarga Desa Lawang Agung 603 KK, dan jumlah penerima BLT-DD 154 KK. Dengan jumlah KK yang cukup banyak tersebut, maka dari itu penyerahan BLT-DD tidak seluruhnya masyarakat menerima bantuan, karena bantuan sosial ini mempunyai kriteria yang tidak boleh dapat yaitu, Kepala desa, Perangkat desa, BPD, PNS, penerima KKS, BST, PKH, BPNT, dan pekerja yang berpenghasilan bulanan/mampu. Oleh sebab itu ia sebagai pemerintah desa penting hal ini disampaikan kepada masyarakat dalam pendistribusian BLT-DD agar masyarakat memahami dalam penyerahan atau pendistribusian BLT-DD Lawang Agung.

“Kami selaku pemerintah desa sangat mentaati peraturan pemerintah dalam pendistribusian ini, bagi yang berhak menerima BLT-DD itu adalah yang benar-benar berhak mendapatkannya,”terangnya.

Masih kata Kades, penyerahan BLT-DD ini secara simbolis dilaksanakan di kantor desa, selanjutnya diserahkan ke KPM di rumah masing-masing. Dikesempatan ini juga ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi peraturan pemerintah dalam memutus mata rantai peredaran Covid-19, dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, tidak melakukan perkumpulan dan perjalanan ke tempat-tempat keramaian.

Baca Juga  Dinas BPMDes Lahat Melakukan Penilaian Lomba Desa di Desa Mengkenang

“Kami harap pada penerima BLT-DD setelah diserahkannya dana bantuan sosial ini, pergunakanlah dana bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Karena bantuan ini adalah dana dampak virus Corona,”tambahnya.

Hal senada diucapkan Sumarno SE, M.Si, Camat Mulak Ulu, Bahwa bantuan pemerintah melalui BLT-DD adalah dana dampak virus Corona. Pendistribusian BLT-DD dampak Covid-19 ini melalui pemerintah desa, sebagai bentuk kepedulian pemerintah pusat terhadap masyarakat yang terdampak virus Corona. Maka dari itu pergunakanlah dana bantuan sosial ini dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan dalam rumah tangga. Dalam hal ini, Camat menekankan pada masyarakat apabila masyarakat tidak mentaati peraturan pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19 ini, maka virus Corona akan semakin lama dalam pembasmiannya dan ekonomi Indonesia akan semakin lumpuh.

“Karena kita tidak tau sampai kapan berakhirnya virus Corona ini, oleh sebab itu kita harus mentaati anjuran protokol gugus tugas dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tetap memakai masker saat aktifitas di luar rumah,” harapnya.

Kapolsek Mulak Ulu, Iptu Romodhon, melalui Kanit Binmas IPDA Tabrani yang hadir dalam penyerahan BLT-DD tersebut juga menegaskan pada masyarakat, bahwa dana bantuan pemerintah ini sebagai bantuan pemerintah bagi masyarakat yang terdampak virus Corona. Maka dari itu ia berharap pada masyarakat agar memanfaatkan bantuan pemerintah pusat ini dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga  PEMKAB LAHAT SOSIALISASIKAN STANDAR BAKU PEMBUATAN ALAS HAK BPN

“Tetap Ikuti anjuran protokol gugus tugas agar kita selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, tidak melakukan perkumpulan dan perjalanan ke tempat-tempat keramaian. Kita terus berdoa semoga wabah virus Corona ini cepat berakhir,” harapnya.

Penyerahan BLT-DD Desa Lawang Agung secara simbolis diserahkan langsung oleh Sumarno Camat Mulak Ulu, Dili Kepala Desa Lawang Agung, dilanjutkan Forkopimcam, dan langsung dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di rumah masing-masing.

Penyerahan BLT-DD oleh pemerintah desa ini disambut baik oleh seluruh KPM. Seperti yang diungkapkan oleh Sangkut salah satu penerima manfaat BLT-DD. Sangkut mengucapkan terimakasih kepada pemerintah telah memberikan bantuan BLT-DD kepadanya.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami, sekal lagi kami mengucapkan terima kasih,”ucapannya.

Begitu juga diungkapkan Mamat penerima manfaat BLT-DD, ia juga mengucapkan terimakasih pada pemerintah atas bantuan BLT-DD.

“Dana dampak virus Covid-19 ini sangat bermanfaat bagi kami, karena semenjak adanya anjuran pemerintah agar tidak bepergian atau tetap di rumah saja, penghasilan kami sangat menipis,” pungkasnya.

Terpantau saat penyerahan BLT-DD ke penerima manfaat di Desa Lawang Agung berjalan lancar tanpa kendala.

Editor : Ron

Check Also

Sepakat Nyatakan Dukungan, Yulius Maulana “Mantab” Calon Bupati Lahat 2024-2029

Author : Ujang LAHAT, LhL – Adanya sosialisasi melalui mulut ke mulut dan tebaran baliho …

SMM Panel

APK

Jasa SEO