Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / CEGAH PENYIMPANGAN, SEKOLAH WAJIB PASANG PAPAN INFORMASI BOS

CEGAH PENYIMPANGAN, SEKOLAH WAJIB PASANG PAPAN INFORMASI BOS

Author : RON

LAHAT, LhL – Pihak Plantari Lahat meminta, agar seluruh sekolah di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, wajib memasang papan informasi tentang penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Sekolah wajib memasang papan penggunaan dana BOS, agar lebih transparan dalam pengalokasiannya. Papan informasi diperlukan, agar khalayak khususnya wali murid dapat mengetahui, tidak menutup kemungkinan penerima dana bos setiap tahunnya ada perubahan terhadap data. Jadi skala penerima, dapat terlihat di Papan Informasi tersebut,” Jelas Ketua PLANTARI, Sanderson Syafe’i, ST. SH kepada awak media, Kamis (31/10/2019) usai menindaklanjuti laporan masyarakat.

Penggunaan dana BOS, menurut dia, harus sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan. Karena wali murid tidak ingin ada pihak sekolah atau tim manajemen BOS yang harus berurusan dengan penegak hukum,” 

“Harus transparan dan akuntabel juga, jadi hal yang wajib dilakukan sekolah dalam pengelolaan dana BOS. Jangan sampai ada penggunaan atau peruntukannya yang disembunyikan,” Jelas Sanderson.

UM salah satu orang tua siswa menyebutkan, bahwa dirinya sangat meragukan penggunaan dana Bos di SMP Negeri 5 tempat anaknya menuntut ilmu. Menurut UM, seharusnya pihak sekolah melalui Kepala Sekolahnya transparan menggunakan dana Bos itu dengan memajangkan papan penggunaan dan mengumumkannya dan mudah diakses kepada orang tua siswa yang anaknya bersekolah di sana.

Baca Juga  RATUSAN PELAJAR SERBU PAMERAN MEGALIT

“Kita sebagai orang tua yang anak kita sekolah di situ menyayangkan pekerjaan Kepseknya, dan kita bermohon kepada Kadis Pendidikan Kabupaten Lahat untuk secepatnya memeriksa penggunaan dana BOS di Sekolah tersebut, supaya kami para orang tua tidak salah kaprah kepada kepsek itu,” ungkap UM.

Memastikan kebenaran informasi dari UM (Nara sumber-red), Plantari pun mendatangi ke lokasi sekolah, dan berdasarkan pantauan di lapangan pada Rabu (31/10/2019) siang sekitar pukul 14.30 WIB, memang benar bahwa pihak sekolah tidak ada menempelkan papan penggunaan anggaran dana Bos sebagaimana mestinya di sekolah daerah lain.

Kepala Sekolah Suparjo, S.Pd. M. Si, melalui wakilnya Salmin, S.Pd mengatakan, bahwa pihaknya telah menggunakan dana Bos tersebut untuk keperluan sekolah.

Baca Juga  Keluhkan Pelayanan RSUD Lahat, Begini Ungkapan Keluarga Pasien di Medsos

“Dana Bos digunakan seluruhnya, dan laporan pertanggung jawabannya sudah diberikan kepada Kadis Pendidikan Lahat dan UPTD Pendidikan Lahat,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Ketua Komite SMP Negeri 5 Lahat, Fauzan Khoiri, yang juga merupakan Kasat Pol PP Kab. Lahat, mengatakan bahwa dirinya juga tidak melihat papan informasi tersebut, diperkuat juga dengan salah satu anggotanya Agustria yang kebetulan berada di sekolah.

“Pihak pengelola sekolah dalam hal ini Kepsek, belum ada memang atau melihat papan informasi dana BOS,” sebutnya via telepon saat dihubungi.

Di lain pihak, salah seorang guru SMPN 5 Lahat, yang tidak ingin namanya disebutkan, mengatakan, bahwa pihak sekolah tertutup terkait penggunaan dana BOS-nya, dirinya pun tidak tahu.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat Drs. Suhirdin, melalui Sekretaris Sukaryo yang juga Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID Pembantu) Dinas Pendidikan saat diminta tanggapan terkait Papan Informasi Dana BOS di sekolah-sekolah se Kabupaten Lahat, belum memberikan jawaban hingga berita ini diturunkan.

Editor : Ahmad

Check Also

Sarat Kejanggalan, Anggaran Belanja Bagian Umum Setda Lahat Dipertanyakan

Author : Ujang LAHAT, LhL – Realisasi Anggaran 2023 Belanja di Bagian Umum Setda Lahat …

SMM Panel

APK

Jasa SEO