Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / TUNJANG FASILITAS UMUM HOMESTAY DI LOKASI WISATA

TUNJANG FASILITAS UMUM HOMESTAY DI LOKASI WISATA

Author : Prima

LAHAT, LhL – Bupati Lahat, Cik Ujang SH diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat, H Januarsyah Hambali SH MM membuka kegiatan Pelatihan Pengelolaan Homestay yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat yang dilaksanakan di Hotel Bukit Serelo Lahat.

“Pemerintah daerah menyambut baik dan mendukung kegiatan pelatihan pengelolaan homestay yang laksanakan saat ini,” kata H Januarsyah, Senin (24/7).

H Januarsyah mengemukakan, untuk urusan daerah di bidang pelayanan kepariwisataan daerah diarahkan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat.

“Dengan demikian tentunya manfaat ekonomi yang diperoleh nantinya dapat dirasakan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Homestay, masih kata dia, merupakan sarana yang begitu penting dalam pengelolaan pariwisata terutama di daerah destinasi wisata Kabupaten Lahat sebagai usaha untuk memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat di desa. Pengelola destinasi wisata perlu untuk memahami pengelolaan homestay secara baik dan benar terkait dengan promosi, manajerial, pemeliharaan dan perawatan homestay.

Baca Juga  ASWARI CUP PRIX CHAMPIONSHIP DI LAHAT AKAN HADIRKAN MORENO SOEPRAPTO DAN KAMIDIA RADISTI

“Bahkan di beberapa daerah destinasi wisata belum ada fasilitas homestay. Karena itulah fasilitas umum seperti toilet harus ada di lokasi wisata,” terang H Januarsyah.

Menurut H Januarsyah, hal tersebut harus diperhatikan apabila daerah tersebut ingin berkembang menjadi desa wisata.

“Homestay salah satu strategi dari pemerintah untuk menggerakkan pariwisata berbasis masyarakat khususnya di Kabupaten Lahat,” bebernya.

Baca Juga  HUT KE 72 PGRI, PEMKAB LAHAT GELAR REMBUKAN TENTANG PROGRAM PENDIDIKAN

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat, Sri Muliati SH MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Kreatif, Meri Diana mengatakan, pelatihan pengelolaan homestay tersebut diikuti puluhan peserta dari berbagai pengelola wisata yang ada di Kecamatan se Kabupaten Lahat.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan pengelolaan homestay ini diharapkan bisa membantu mempromosikan wisata Kabupaten Lahat, serta menjadi landasan untuk menggerakkan pariwisata berbasis ekonomi Kreatif bagi masyarakat yang berada di lokasi wisata,” pungkasnya.

Untuk narasumber sendiri berasal dari Dinas Pariwisata Lahat, Pemerhati Wisata, Dinas Kesehatan Lahat, serta dari dosen di Palembang.

Editor : Ahmad

Check Also

Hadiri Undangan, Warga Lahat : Sosok Pemimpin Seperti Yulius Maulana yang Kami Inginkan

Author : NOPI LAHAT, LhL – Selama ini banyak masyarakat Kabupaten Lahat mengenal Yulius Maulana …

SMM Panel

APK

Jasa SEO