Home / REGIONAL / MUARA ENIM / KEBAKARAN LAHAN, ANCAM PEMUKIMAN WARGA

KEBAKARAN LAHAN, ANCAM PEMUKIMAN WARGA

Author : Karel

MUARA ENIM, LhL – Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutlah) masih saja terjadi di beberapa titik di wilayah Kabupaten Muara Enim pali. Terbukti, titik api terpantau di perbatasan Kabupaten Pali dan Muara Enim, tepatnya di gerbang perbatasan pada Rabu (19/9/2018) kemarin.

Belum tahu pasti penyebab dan berapa luas lahan yang terbakar, namun hingga saat ini tim terpadu satgas Karhutlah tengah bekerja keras memadamkan titik api. Selain itu, derasnya angin membuat kobaran api semakin membesar dan cepat merambat ke lokasi lainnya.

Muhtar (45), warga sekitar mengatakan, titik api mulai terlihat sekitar pukul 15.45 Wib, saat itu angin cukup kencang dan membuat kobaran api semakin membesar.

Baca Juga   KAPOLRES INSPEKTUR UPACARA HUT SATPAM KE-37

“Tidak tahu pasti pak, tiba tiba apinya membesar. Cepat sekali itu pak,” katanya kepada media ditemui di lokasi kejadian.

Sementara itu, hingga saat ini petugas masih berusaha memadamkan titik api, pemadaman hanya dilakukan melalui darat dengan mengerahkan Beberapa unit mobil tanki milik BPBD muara enim dan pali.

Handono (55) selaku Kabid operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim,juga menyampaikan, bahwa pihaknya akan selalu bekerja keras dalam mengatasi kondisi ini.

“Kita akan terus berusaha sampai api bisa dipadamkan”, ucapnya.

Senada, Harun (40) team pemadam kebakaran menyebut, jika hingga pukul 22:00wib api belum bisa dikuasai. Hak ini dikarenakan banyaknya sampah daun kering yang menumpuk di lokasi kebakaran.

Baca Juga   Pegawai PTBA Galang Donasi untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

“Tumpukan daun kering inilah yang membuat api tidak bisa dikendalikan, walau semua kekuatan sudah di kerah kan, ” sebut Harun.

Hingga menjelang waktu subuh, masih banyak warga yang berjaga-jaga guna menghindari api merambat ke pemukiman warga.

Sementara Iwan, salah seorang pengendara mobil yang bertujuan ke palembang mengaku bahwa kebakaran lahan dan hutan di kawasan tersebut akan sangat berpengaruh bagi pengendara,

“Atas kejadian ini sangat lah berdampak, khususnya area pemukiman warga dan pengguna kendaraan, karena asap mengepul membuat jarak pandang pengemudi kendaraan sangat terbatas,” cetus iwan.

Editor : Zadi

Check Also

Tanggulangi Covid-19, PTBA Sumbangkan Faskes ke 3 Puskemas di Muara Enim

  Author : Humas PTBA MUARA ENIM, LhL – Dalam rangka penanggulangan Covid-19, PT Bukit …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!