Home / Umum / SATU LAGI POTENSI WISATA DI KIKIM TIMUR

SATU LAGI POTENSI WISATA DI KIKIM TIMUR

Author : Riadi
LAHAT, LhL – Satu lagi salah satu potensi  wisata  yang ada di Kikim Area tepatnya di Desa Lubuk Layang Ilir Kecamatan Kikim Timur, potensi wisata yang terdapat di Lubuk layang Ilir ini  adalah berupa air terjun  yang cukup  menghipnotis mata bagi para pencinta wisata. 
Menurut Yanti, salah satu warga Desa Lubuk Layang Ilir mengatakan,  potensi wisata ini sangat menarik terlebih di Kikim Area sendiru belum ada potensi wisata yang  cukup ternama dan terkenal, oleh karena itu ia berharap  potensi wisata yang ada di Lubuk Layang Ilir ini  bisa menjadi gerbang terbukanya potensi wisata – potensi wisata lain yang ada di Kikim Area. 
“Kalau menurut saya air terjun ini layak untuk dikembangkan menjadi objek wisata kak, soalnya Area Kikim belum ada tedengar untuk objek wisata. tapi karena keterbatasan dana dan personil untuk merawat dan membersihkan kawasan tersebut jadi blm dibuka secara umum kak, dan sekarang posisibya masih dalam tahap dibersihkan,” ungkap Yanti pada wartawan, Senin (23/10/2017).
FB_IMG_1508677444048
Namun Sangat disayangkan keberadaan air terjun yang diberi nama Cughup Napak di Lubuk layang Ilir ini, belum mendapatkan perhatian baik dari pemerintahan maupun masyarakat Lubuk Layang sendiri, bahkan sangat disayangkan karang taruna yang seharusnya menjadi penggerak majunya daerah ini belum bisa berbuat banyak dikarenakan berbagai macam kendala.
“Karang tarunanya ada, tapi banyak anggotanya saja dan belum bergerak lantaran berbagai hal. Namun jika menunggu karang taruna kapan lagi bisa bergerak, unutk sekarang adik saya yang membersihkannya dan dibantu beberapa teman yang masih tergolong anak kecil, tapi respon dari kepala desa bagus kak,” sambung Yanti.
FB_IMG_1508677432760
Sedikit diceritakan diceritakan Yanti bahwa dahulu desa Lubuk Layang itu hanya, satu namun dikarenakan adanya bencana banjir bandang yang menyebabkan hanyutnya beberapa rumah ke bagian hilir, sehingga menjadikan Lubuk Layang terbagi menjadi dua yaitu Lubuk Layang Ulu dan Lubuk Layang Ilir dan kebenaran air terjun ini berada di kawasan Lubuk layang Ilir.
“Dulu Desa Lubuk Layang think hanya satu, karena ada banjir banyak rumah penduduk yang hanyut, sejak itulah desa ini terpecah dua, ada ulu dan ada ilir, akan tetapi untuk Cughup Napal ini sendiri masuk wilayah Desa Lubuk Layang Ilir,” ungkapnya.
Ditambahkan Yanti saat ini Pemerintah Desa Lubuk Layang Ilir, saat dihubungi via telepon mengatakan untuk sementara ini kawasan tersebut akan dijadikan Taman Desa, namun itu berarti tidak menutup kemungkinan air terjun itu akan menjadi objek wisata yang juga ikut memperkaya objek wisata yang ada di Kabupaten Lahat.
“Barusan saya telepon kadesnya, dan dikatakan kades mungkin untuk saat ini akan dijadikan taman desa,” imbuhnya.
Yanti pun berharap, sebagai warga Desa Lubuk Layang Ilir ia memiliki impian agar air terjun ini bisa maju dan banyak dikunjungi wisatawan lokal. 
“Saya si berharap kepinginnya bisa maju kak. Saya ingin dusun dalam bisa dikenal oleh pemerintah. Sehingga jadi lebih baik dari sebelmnya,” harapnya.
Editor : Zadi
Baca Juga  PEJABAT PEMKAB DAN DPRD LAHAT IKUTI WORKSHOP TUNAS INTEGRITAS KPK

Check Also

Pembangunan Spal Tahun Anggaran 2024 di Desa Talang Sawah Mulai Dikerjakan

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 201/PMK …

SMM Panel

APK

Jasa SEO