Home / PEMPROV SUMSEL / Pembangunan Vihara Satya Dharma Sriwijaya Mulai Dikerjakan

Pembangunan Vihara Satya Dharma Sriwijaya Mulai Dikerjakan

Author : Adi

PALEMBANG, LhL – Jakabaring Sport City (JSC) saat ini tidak saja memiliki kawasan wisata olahraga, saat ini ikon nya Kota Palembang akan segera dibangu lima rumah ibadah mulai dari Masjid Raya Sriwijaya, Gereja Katolik, Pura, Vihara dan Gereja Protestan.

Rumah ibadah yakni, Hindu, Budha, Islam, Kristen Khatolik dan Kristen Protestan ini udah mendapat persetujuan langsung dari kementrian Agama RI. Seluruh rumah ibadah ini akan rampung saat akhir tahun nanti.

Seperti dalam hal ini dilaksanakan peletakan batu pertama Vihara Satya Dharma Sriwijaya oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Kadispora) provinsi Sumatera Selatan A Yusuf Wibowo. Peletakan batu pertama ini merupakan tindak lanjut keinginan dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Alex Noerdin yang mengingikan lima rumah ibadah berdampingan. Dimana hanya Sumsel pertama kali yang mengintegrasikannya dalam satu komplek.

Rumah ibadah ini sendiri terletak di depan Lapangan Tembak dekat Apartemen Rusunami. Seluruh rumah ibadah ini direncanakan akan rampung di akhir 2017 mendatang. Pembangunan rumah ibadah saling berdekatan ini dimaksudkan Gubernur Sumsel untuk menciptakan simbol kerukunan umat beragama di Sumsel.

Baca Juga  MAWARDI : KONFERENSI PWI SUMSEL TAK ADA TITIPAN

Dalam sambutannya A Yusuf Wibowo mengapresiasi penuh peletekan pertama batu ini. Ia juga mengatakan terbangunnya lima rumah ibadah dalam satu kawasan ini tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun ini juga diharapkan menjadi sarana untuk kerukunan umat beragama. Apalagi dalam menyambut Asian Games 2018 nanti, tentunya ini akan menjadi daya tarik masyarakat dari berbagai daerah, bahkan negara luar.

“Yang pertama dibangun adalah Vihara, pembangunan ini berdasarkan usulan pak Gubernur Alex melalui Kementrian Agama Sumsel sebagai fasilitas pendukung Jakabaring Sport City tahun lalu, Alhamdulillah bisa direalisasikan tahun ini,” tuturnya Senin (17/4).

Lanjutnya ia juga mengatakan, Target November tahun ini kelima rumah ibadah sudah selesai dibangun,  selain sebagai simbol kerukunan umat beragam, lima rumah ibadah ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang terintegrasi dengan Komplek Olahraga.

Baca Juga  Herman Deru : Era Otonomi, Pemerintah Daerah Fokus Sejahterakan Masyarakat

“Kalau di Bali Rumah Ibadanya terintegrasi di Komplek Wisata, Kalau Sumsel di Komplek Olahraga, kelima rumah ibadah ini nantinya akan dimanfaatkan secara berkelanjutan dan dikelola yayasan dari masing-masing agama,” katanya

Sementara Plt Kepala Dinas PU CK provinsi Sumatera Selatan Basyar mengatakan, Vihara Satya Dharma seriwijaya menambah tempat peribadatan umat Buddha di provinsi Sumatera selatan khususnya di Jakabaring Sport City Palembang. Sehingga dapat meningkatkan keimanan. Penduduk dan atelit di palembang, Namun dapat hidup damai, aman dan berdampingan. Hal ini harus kita pertahankan. Kepala PU memberikan apresiasi kepada masyarakat yang terus menjaga kerukunan.

“Saya berharap Pembangunan 5 Rumah ibadah nanti menjadi rumah sendiri sebagai tempat bermukim yang nyaman dan harmonis, “Jelasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini  Kakankemenag kota palembang, H. Darami, S.IP., S.Pd.I

Editor : Ujang

Check Also

Didampingi Pj Gubernur Agus Fatoni, Presiden Jokowi Pastikan Ketersediaan Stok Beras di Gudang Bulog Lubuk Linggau Aman

Author: Elan Lubuk Linggau, LhL-Masih dalam rangkaian kunjungan kerja ke Sumatera Selatan, kali ini Presiden …

SMM Panel

APK

Jasa SEO