Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / PETANI TADAH HUJAN KIAN BERGAIRAH WUJUDKAN SWASEMBADA PANGAN

PETANI TADAH HUJAN KIAN BERGAIRAH WUJUDKAN SWASEMBADA PANGAN

LAHAT, LhL – Tingginya intensitas curah hujan saat ini membuat para petani sawah tadah hujan di Desa Tanjung Payang kian bergairah. Selain waktu panen yang lebih dini, penggarapan lahan selama musim penghujan bisa membuat hasil pertanian lebih meningkat.

Asmaja (36) salah satu petani di Desa Tanjung Payang, Kecamatan Kota Lahat mengatakan, jika melakukan penggarapan lahan selama musim penghujan maka hasilnya akan sangat positif mengingat lahan persahawan tadah hujan sangat bergantung pada cuaca.

“Jika musim kering melanda, jangankan mau panen, tanaman padi pun dapat mengering seketika dan musim penghujan adalah momen yang tepat bagi kami untuk menanam,” ujarnya, ditemui, Kamis (24/11).

Baca Juga   BUPATI LAHAT HADIRI SIDANG PARIPURNA KE II DPRD

Dijelaskannya, lahan sawah tadah hujan dapat panen sebanyak dua kali setahun dan untuk tahun ini para petani tidak mengalami kendala seperti serangan hama karena sebelumnya Pemda Lahat telah cepat tanggap melakukan antisipasi.

“Dengan perhatian pemerintah dalam memberikan bantuan benih dan racun hama, lahan kami bisa terlindungi,” tandas Asmaja.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Lahat, Ir H Hapit Padli MM menuturkan, lahan persawahan menjadi salah satu program Pemerintah Daerah (Pemda) Lahat untuk mewujudkan program swasembada pangan, karenanya perhatian tinggi diberikan agar para petanu tidak mengalami permasalahan selama melakukan penggarapan.

Baca Juga   SEDANG PESTA MIRAS, 4 PEMUDA DIAMANKAN POL.PP

“Pemda Lahat juga telah menempatkan penyuluh pertanian kesetial kecamatan untuk mengatasi sedini mungkin lahan persawahan warga khususnya yang mengancan proses tanam dan panen,” pungkasnya.

Photo/Naskah : (BENS)
Editor. : (UJANG, SP)

Check Also

Pengembalian Logistik dan Kotak Suara Pemilu 2024 dari PPK Pulau Pinang ke KPUD Lahat Dalam Pengawalan TNI/Polri

Prima Ramadhan LAHAT, LhL – Bertempat dikantor sekretariat PPK Kecamatan Pulau Pinang telah dikembalikan Logistik …

SMM Panel

APK

Jasa SEO