Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / POLRES LAHAT TERAPKAN “ELING LAN WASPODO”

POLRES LAHAT TERAPKAN “ELING LAN WASPODO”

  1. LAHAT, LhL – Aksi radikalisme, berupa pembacokan hingga tewas terhadap sejumlah anggota kepolisian di Pos Lantas Cikokol, Tangerang pada Kamis (20/10) lalu telah turut menarik perhatian Polres Lahat. Terkait hal ini, Kapolres Lahat, AKBP Rantau Isnur Eka Sik menghimbau agar segenap jajarannya senantiasa waspada dalam menjalankan tugas dimanapun berada.
Dibeberkannya, guna mengantipasi aksi radikalisme ini sendiri, dirinya berpegang dan menerapkan filosofi Jawa, yakni ‘Eling Lan Waspodo’, yang secara harfiah berarti ingat dan waspada.
“Artinya kita mengingat dan waspada. Mengingat apa? Mengingat akan bahaya-bahaya yang akan datang, atau bahaya-bahaya yang akan mengancam. Waspada, yakni waspada akan ancaman tersebut,” bebernya.
Untuk teknis di lapangan sendiri, lanjut Rantau, pihaknya akan memperketat penjagaan, baik itu di pos-pos yang ada di luar Markas Komando (Mako), maupun di luar Mako sendiri. Disamping itu, Mako sendiri juga akan diperketat penjagaannya, seperti melengkapi anggota sabhara dengan ‘body face’ serta persenjataan.
“Begitu pula dengan pos-pos penjagaan Lantas yang ada, juga harus sesuai dengan protap. Minimal yang menjaganya satu pasang atau dua orang anggota,” jelasnya.
Untuk sejauh ini, sambungnya, di wilayah hukum Polres Lahat sendiri belum ada peristiwa atau tindakan-tindakan yang mengarah radikalisme. Namun tetap, ditambahkannya, jajaran Polres harus senantiasa waspada dalam menjalankan tugas.
“Dan juga yang paling penting, anggota Polres Lahat harus mengedepankan pendekatan secara persuasif dan preemtif yang humanis. Sehingga, kemungkinan benturan di lapangan semaksimal mungkin dapat dihindari,” imbaunya.
Terpisah, Brigpol Dede Surya Wibowo mengaku, telah mendengar adanya peristiwa radikalisme terhadap anggota kepolisian yang ada di Tangerang. Namun, yang demikian itu menurutnya sudah menjadi resiko di lapangan. Karenanya, diuraikan Dede, dirinya bersama rekan-rekan senantiasa membekali diri dengan sejumlah perlengkapan seperti borgol dan tongkat, disamping juga mengutamakan cara-cara kekeluargaan dalam menghadapi masyarakat khususnya pengendara.
“Kekhawatiran tetap ada. Tapi pada pelaksaan tugas, kita sebagai anggota Polri sudah dibekali atau diatensi utk selalu siap siaga,” tukas Dede.
Photo/Naskah : (BENS)
Editor                : (UJANG, SP)
Baca Juga  MILAD MUHAMADIYAH KE 107 HIJRIAH/104 MASEHI, MERAIH KEUNGGULAN UNTUK KEMAJUAN BANGSA

Check Also

Safari Jum’at di Selawi, Yulius Maulana Beri Bantuan ke Masjid Darussalam

Author : Ujang LAHAT, LhL – Seperti biasa Calon Bupati Kabupaten Lahat Yulius Maulana ST …

SMM Panel

APK

Jasa SEO