Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / UNDERPASS AKAN DISERAH TERIMAKAN PADA OKTOBER MENDATANG

UNDERPASS AKAN DISERAH TERIMAKAN PADA OKTOBER MENDATANG

LAHAT, LhL – Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) RI, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian, melalui Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Selatan, Doni Adi Kuncoro membenarkan, bahwasanya pada Oktober mendatang diagendakan serah terima underpass kepada Pemda Lahat, hanya saja, sebelumnya akan dilakukan beberapa pembenahan.

“Sebelum dioperasikan, ada pembenahan diantaranya, pemasangan portal, pemerataan gudukkan pintu masuk kiri-kanan, pemasangan media jalan, pipa mesin pompa dirapikan ke dalam, diserah terima kepada pemda lahat untuk pemeliharaan selanjutnya, perjanjian kerjasama (PKS),” katanya, disela-sela kunjungan kerja (kunker) Balai Teknik Perkeretaapian ke underpass, Selasa (13/9).
Ia menyampaikan, termasuk juga rencana pembangunan underpass HR Motik yang melintasi jalur kereta api, akan diusulkan pada Oktober-November mendatang. “Kita akan bahas kemudian pada bulan mendatang, sehingga kendaraan dengan tonase besar maupun bus tidak lagi masuk dalam kota dan terhindar dari kemacetan arus lalu lintas (lalin),” pungkas Doni.
Sementara itu, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kadishubkominfo, HM Eduar Kohar SE MM mengungkapkan, pembangunan underpass ini akan dioperasikan apabila beberapa pembenahan selesai dikerjakan, sebab belum diserah terimakan. “Sejauh ini belum serah terima, hasil dari pantuan di lapangan, ada beberapa hal lagi yang harus dibenahi pada proyek pembangunan underpass tersebut,” urainya.
Dikatakan, apabila semuanya dalam kondisi 100 persen, lalu diserah terimakan kepada Pemda Lahat, barulah tugas pemeliharaan tanggung jawab sepenuhnya diambil alih Dishubkominfo dan dilanjutkan ke underpass HR Motik.
“Untuk pemeliharaan adalah tanggung jawab Pemda Lahat, nantinya akan kita buat lebih representatif underpass, agar terlihat cantik, asri dan indah, terutama kendaraan fuso, truk, bus tidak lagi masuk dalam kota,” pungkas HM Eduar Kohar.
Photo/Naskah : (BENS)
Editor                   : (UJANG, SP)
Baca Juga  COBA KABUR, TERSANGKA PENCURI KERBAU DITERJANG PELURU PETUGAS

Check Also

Jum’at Barokah, Tim YM Berbagi Rezeki pada Masyarakat di Gunung Gajah

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sepertinya jiwa sosial dan keinginannya untuk berbagi sesama umat …

SMM Panel

APK

Jasa SEO