Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kikim Selatan / Kades Bersama Perangkat Desa Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Desa
Foto April : Tampak Kades Bersama Perangkat Desa Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Desa

Kades Bersama Perangkat Desa Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Desa

Author : April

KIKIM SELATAN, LhL – Salah satu giat budaya yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti di setiap lingkungan. Kegiatan yang dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah untuk membuat lingkungan sehat dan aman di sekitar desa yang dilaksanakan secara bergotong royong, pada jumat Pagi, (5/8/2022).

Kepala Desa Pulau Beringin, Canip bersama Perangkat Desa dan juga warga lingkungan sekitar melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan, ia sangat mengapresiasi atas kekompakan warganya dalam melaksanakan kegiatan gotong royong diwilayahnya.

“Alhamdulillah masyarakat antusias dan perangkat dan mendukung sekali dengan di adakannya gotong royong ini”, ujarnya.

Selain untuk menjaga kebersihan, lanjutnya, kegiatan ini juga untuk membina hubungan sosial masyarakat. Kerja bakti atau gotong royong ini rutin dilakukannya dalam setiap akhir pekan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini rentan dengan berbagai penyakit.

Baca Juga  Wabup Kembali Monitoring Pelaksanaan Vaksin di Kecamatan Lahat

“Ini salah satu agenda rutin kita dalam upaya pencegahan dari berbagai pandemi penyakit diantaranya malaria atau DBD,” ungkapnya.

Selain itu, kerja bakti ini juga membersihkan saluran air atau drainase yang ada di sepanjang jalan mulai dari beberapa lokasi kampung.

“Membersihkan rumput atau sampah pada drainase disepanjang jalan, hal ini untuk memperindah lingkungan sehingga nyaman bagi masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, apabila mampu menciptakan lingkungan yang bersih, hijau dan indah maka masyarakat yang tinggal dilingkungan tersebut akan menghirup udara yang segar, jauh dari berbagai penyakit, terutama penyakit yang melekat dengan curah hujan tinggi seperti DBD, malaria, diare, dan sebagainya.

Baca Juga  Kembali Tinjau Lokasi, Cik Ujang Akan Rehab Mesjid Al-Mutaqin

“Saya yakin kemunculan penyakit yang identik dengan musim penghujan bisa ditekan, dengan kondisi desa yang hijau dan asri,” sebutnya.

Sejatinya, menjaga kebersihan lingkungan tentu memerlukan peran penting dan dukungan masyarakat, contoh terkecilnya, yakni dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, memilah sampah yang bisa menampung air, sekaligus bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal.

“Wujudkan Desa Pulau Beringin selalu bersih, sehat, aman dan nyaman, seluruh kelompok masyarakat dapat ikut bersama-sama membiasakan diri dalan pola hidup bersih dan sehat,” harapnya.

Editor : Ron

Check Also

LIHAT VIDEONYA : Harapkan Perubahan, Masyarakat di 11 Kecamatan Telah Deklrasikan Dukung YM

Author : Ujang LAHAT, LhL – Agak lain, memang. Kalau selama ini elemen masyarakat Kabupaten …

SMM Panel

APK

Jasa SEO