Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pseksu / Kendati Harganya Jatuh, Sawit Tetap Digandrungi Petani Cilik
Foto (Nopiriadi) : Soni sedang menanam sawit di lahan miliknya di Dusun Bemban Desa Lubuk Atung Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat.

Kendati Harganya Jatuh, Sawit Tetap Digandrungi Petani Cilik

Author :  Nopiriadi

PSEKSU, LhL – Kendati harga sawit sudah menyentuh harga Rp 800 perkilogramnya, ternyata sawit tetap menjadi salah satu komoditi favorit di kalangan para petani.

Salah satunya Soni (40), warga Dusun Bemban Desa Lubuk Atung Kecamatan Pseksu ini, ia terlihat sedang membuka lahan miliknya dan menanam sawit.

“Orang sudah panen kita baru mau menanam, yang penting diusahakan dulu masalah hasil serahkan pada Allah SWT,” tuturnya, Minggu (3/7/2022).

Ia menyebut, sudah tahu kalau harga sawit saat ini sedang sangat memperihatinkan, namun menurut pendapatnya penurunan harga sawit itu hanya sementara nanti juga akan naik lagi.

Baca Juga   Porprov Ke-XIII Oku Raya, Pemkab Lahat Target 30 Mendali Emas

“Sepertinya penurunan harga sawit ini hanya sementara waktu saja, semoga ke depan harganya semak ia mahal lagi,” imbuh Soni.

Bukan tanpa alasan jika dirinya tetap bersikukuh untuk menanam sawit sebagai komoditas utama sebagai penopang kebutuhan hari harinya. Ia beralasan sudah bingung mau menanam apa lagi, akhirnya ia mencari yang gampang merawatnya saja.

“Jujur saja kita sebagai petani modal kecil ini sudah bingung mau menanam apa lagi, semuanya pasti mengalami fluktuasi atau pasang surut harga, seperti karet sempat sangat murah harganya walau sekarang cukup lumayan, harga pinang juga sama, akan tetapi saya pribadi menanam yang perawatannya gampang saja, terlebih saya petani yang tidak bermodal besar,” terang Soni penuh semangat.

Baca Juga   Puluhan Perangkat Desa Gelar Aksi Damai Ke Pemkab Lahat

Saat ini untuk memenuhi kebutuhan dapurnya, ia kerap dibantu sang istri menyadap getah karet milik saudara perempuannya. “Kalau sawit kita baru mulai menanam, jadi ya kita garap karet dulu sebagai penghasilan,” Katanya.

Ia dan istri berharap kedepannya, harga semua komoditas pertanian mendapatkan harga terbaik, terlebih sawit yang saat ini mulai digandrungi para petani.

“Semoga pemerintah segera mencarikan solusi terbaik agar harga sawit kembali mahal,” Tukas ayah tiga anak ini.

Editor : Ivi Hamzah

Check Also

Wabup Buka Review Kinerja Tahunan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting 

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Bertempat di Hotel Calista, diadakannya acara pertemuan Reviu …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!