Home / REGIONAL / MUSI BANYUASIN / Mentan Minta Muba Pertahankan Produktifitas PSR Kelapa Sawit

Mentan Minta Muba Pertahankan Produktifitas PSR Kelapa Sawit

Bertepatan Hari Pangan Sedunia, PSR di Muba Panen dengan Produktifitas Tinggi.

Editor : Ron

MUBA, LhL – Bertetapan dengan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-41 kali ini produktifitas Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Koperasi Produsen Kelapa Sawit (KPKS) Suka Makmur Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendapatkan hasil perhektar paling tinggi pada Oktober 2021 ini.

Usia tanam saat ini memasuki Tanaman Menghasilkan tahun ke-1 (TM-1), usia 40 bulan tanam, produksi pada periode pertama bulan oktober (per tanggal 15 Okt 2021) sebanyak 1.400 Ton TBS. Luas lahan produksi 734 Ha (100 %), produktifitas saat ini sudah mencapai 1.9 Ton TBS/Ha/Bulan = 22,8 Ton/Ha/tahun pada tanam saat ini baru 40 bulan atau Tanaman Menghasilkan (TM-1)Tahun ke 1,
sedangkan standar produksi dari Kementan 30 Ton/Ha/Tahun pada saat usia Tanam Menghasilkan (TM-5) tahun ke-5.

Demikian dikatakan Plt Bupati Muba Beni Hernedi usai mengikuti Panen Bersama Komoditas Pertanian bersama Menteri Pertanian Republik Indonesia dalam Rangka Puncak Peringatan HPS ke-41 Tahun 2021, secara virtual bertempat di area Kebun KPKS Suka Makmur B5 Desa Suka Damai Kecamatan Sungai Lilin, Senin (25/8/2021).

“Produktifitas TBS Peremajaan Sawit Rakyat yang dilakukan oleh Pekebun swadaya sangat tinggi dengan pencapaian sesuai dengan yang diharapkan. Harga jual TBS saat ini mencapai Rp. 2.576,-/Kg ditambah insentif sebesar Rp. 25 /Kg sehingga harga diterima pekebun sebesar Rp. 2.601,-/Kg,”ujar Beni.

Baca Juga   Polsek Sekayu Berhasil Amanakan Tiga Pelaku Terduga Kasus Penipuan

Ketua PMI Kabupaten Muba ini juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertanian yang telah menunjukkan Muba untuk melakukan panen pada puncak rangkaian HPS ke-41.

“Sedikitnya di lahan seluas 4.446 hektare PSR tersebut sudah menghasilkan sawit yang berkualitas dan disebut-sebut sangat andil menopang perekonomian, tidak hanya di Muba namun di skala nasional,”pungkasnya.

Beni juga mengungkapkan, HPN kali ini mengangkat isu suistanable (keberlanjutan), oleh karena itu upaya yang telah dilakukan Pemkab Muba bersama para petani kelapa sawit ini bertekad memang untuk menjadikan perkebunan kelapa sawit ini tetap sejalan dan mematuhi kaidah-kaidah bagaiman lingkungan hidup itu mrnjadi perhatian

“Jadi isu pangan dunia bukan hanya memperhatikan apa yang kita makan tapi apa yang kita makan itu tidak berdampak buruk pada perubahan iklim, kita sedang terus berusaha agar kelapa sawit di Muba betul-betul suistanable, tidak hanya menopang pertumbuhan ekonomi tapi juga memperhatikan lingkungan alam dan sekitarnya.

Sementara itu Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Indonesia selalu mampu mempertahankan ketahanan pangan. Syahrul mengucapkan terima kasih ke para petani di tengah adanya pandemi COVID-19 juga kepada Kepala Daerah yang telah turut berperan menumbuhkan pertanian dengan.

Baca Juga   SMSI BERSAMA PWI BENTUK MEDIA CRISIS CENTER TSUNAMI

“Melalui tema Pertanian Meningkat, Pangan Aman Ditengah Pandemik Krisis Global diharapkan mampu terus tumbuh bahkan berkontribusi pada PDB yang sangat kuat,” kata Syahrul.

Ketua KUD Suka Makmur, Iskarmono menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Muba atas program Peremajaan Sawit Rakyat (SWT) ini, karena mampu meningkatkan perekonomian masyarakat apalagi di tengah pandemi COVID-19.

“Kami sangat besyukur adanya program PSR ini, kami dari kelembagaan resmi para pekebun berbentuk KPKS Suka Makmur bisa merasakan kesejahteraan telah diremajakan kebun sawit kami. Produktifitas saat ini sudah mencapai 1.9 Ton TBS/Ha/Bulan = 22,8 Ton/Ha/tahun pada tanam saat ini baru usia 40 bulan atau Tanaman Menghasilkan (TM-1)Tahun ke 1,”ucap Iskarmono.

Pada acara tersebut turut hadir Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Palembang Ir Hafni Zahara MSc, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muba Ali Badri ST MT, Kepala Dinas TPHP Muba Ir A Thamrin, Plt Kepala Dinas Perkebunan Akhmad Toyibir SSTP MM, Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan Saputra SIP MSi dan para kades dalam wilayah Kecamatan Sungai Lilin. (Riki)

Check Also

Polres Muba Berhasil Ringkus Pelaku Pencurian Spesialis Rumah Kosong

Editor : Ron MUBA, LhL – Jajaran Sat Reskrim Polres Muba berasil amankan tersangka pencurian …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!