Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Gumay Ulu / Ketua PKK Lahat Kembali Hadir di Acara Pembinaan Kecamatan dan Lurah Desa Layak Anak Se- Kabupaten Lahat

Ketua PKK Lahat Kembali Hadir di Acara Pembinaan Kecamatan dan Lurah Desa Layak Anak Se- Kabupaten Lahat

Author : Prima

GUMAY ULU, LhL – Bupati Lahat melalui ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan atau disebut ( TP PKK) Ny Lidya Wati Cik Ujang hadiri acara pembinaan Kecamatan Kelurahan/Desa Layak Anak Se- Kabupaten Lahat. Acara ini di kantor Camat Gumay Ulu. Selasa (19/10).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Perpu PA) Kabupaten Lahat, dan diikuti oleh tiga Kecamatan Lahat Selatan, Kecamatan Pulau Pinang dan Kecamatan Gumay Ulu ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan ini.

Sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Perpu PA) Kabupaten Lahat. Hj Nurlela S. ag M.M mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP PKK Lahat hadir pembinaan dan beliau mendukung kegiatan ini.

“Dalam kesempatan ini semoga para peserta dapat mendengarkan narasumber sehingga Desa kita menjadi Desa layak anak Kedepanya, karena Desa yang layak anak itu adalah komitmen desa semua unsurnya harus dipenuhi 18 indikator, pembinaan Harini sangat penting sekali bagi yang mengikutinya.”ucapnya

Lanjut Kadis Perpu PA dirinya berharap kepada ketua tim pengerak PKK kabupaten Lahat NY Lidya Wati CIK Ujang untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada kita yang semua yang hadir disini.

“Kami ucapk terimakasih, beliau sangat mendukung sekali kegiatan ini yang mana kabupaten kita ini menjadi kabupaten layak anak dan ujung tombaknya adalah Didesa dan dikeluarga kita dikeluarga harus keluarga Rama anak, kampung kita harus menjadi kampung layak anak sehingga terwujudla kecamatan layak anak sehingga jika Kecamatan nya menjadi layak anak otomatis kabupatenya menjadi kabupaten layak anak, kami berharap ibuk ketua PKK lahat dapat mengukuhkan porum anak di Gumay ullu, Lahat selatan , dan pulaupinang,”ucpanya.

Baca Juga   Dalam Rangkaian Kegiatan HUT Bhayangkara Ke-75, Kapolres Anjangsana ke Bupati Lahat

Pada kesempatan ini, Ny Lidyawati Cik Ujang kembali memaparkan materi tentang peran PKK dalam menjadikan Kabupaten Lahat sebagai Kabupaten Layak Anak, khususnya melalui program program PKK, dirangkum didalam dasawisma ini.

“Kenapa dasawisma punya peranan penting Karena di dasawisma itulah kita bisa memantau, melakukan survey dan membuat laporan tentang kebutuhan anak-anak yang terdaftar sebagai anggota keluarga di dasawisma tersebut. Apakah mereka membutuhkan sarana bermain atau pemenuhan gizi mereka kurang sehingga rentan stunting, semua itu bisa dipantau melalui dasawisma. Maka dari itu, saya berharap dasawisma ini bisa benar benar diterapkan”, jelasnya.

Lanjut Ny Lidya Wati untuk menuju kabupaten layak anak sampai dengan Indonesia layak anak di tahun 2030 ada banyak sekali urutanya.

“Untuk tingkat pratama kita kemarin telah memenuhi kriteria 600 tetapi kita belum masuk Kedesa, kemarin saya berkeliling dan masih banyak yang belum tau apa itu Kla, singkatannya adalah Kabupaten Kota Layak Anak kalau Didesa selama desa layak anak kalau Didesa kelana kelurahan layak anak kecamatan layak anak dan kabupaten layak anak.”jelasnya

Baca Juga   Bupati Lahat Buka Kejuaran Pencak Silat Antar Perguruan Tingkat Pelajar

Sambung Ketua TP PKK, dimana dirinya ingin Provinsi Sumatera Selatan sebagai provinsi layak anak bukan hanya itu aja beliau inginkan dan diterapkan di kabupaten Lahat menjadi contoh kabupaten Lahat sebagai Layak Anak.

“Banyak cakupannya terkait penilaian penilaian yang harus dipatuhi seperti tidak ada kekerasan terhadap anak kemudian Didesa kita juga harus tidak ada iklan rokok, untuk menghindarinya setiap kantor dan pasilitas umum mempunyai tempat merokok sendiri jadi tidak menggangu ibu ibu dan anak anak, doakan ditahun depan kita bisa mencapai tingkat Pratama kita kejar kita juga mendukung agar Sumsel menjadi provinsi Sumatra selatan layak anak, kalau tidak ada dukungan dari kecamatan maupun kabupaten/ provinsi pun tidak akan mendapat penghargaan seperti kita sebutkan tadi, Kalau seluruh kabupaten telah mencapai penghargaan tingkat Pratama otomatis Sumsel menjadi provinsi mendapat penghargaan Pratama saling mendukung kami mohon peran bapak ibu semua agar melakukan pemenuhan hak hak terhadap anak kita,”kata Lidyawati.

Editor : Ron

Check Also

Wabup Lahat Buka Lomba Cipta Menu B2SA, Sakiligus Bagikan Hadiah Pemenang

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, melalui …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!