Home / Umum / SEBANYAK 73 SISWA SEKOLAH POSITIF IDAP HEPATITIS A

SEBANYAK 73 SISWA SEKOLAH POSITIF IDAP HEPATITIS A

Faktor Kebersihan Kantin Pengaruh.

Author : Ganda Coy 

LAHAT, LhL – Sebanyak 73 siswa mulai sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah kejuruan (SMK), positif terjangkit penyakit hepatitis A, yang ditularkan oleh lalat pembawa virus hepatitis. Ini belum ditambah data sekolah-sekolah lain.

IMG-20191011-WA0011

“Terbanyak hasil kunjungan dan pemeriksaan, terdapat di SMKN 1 Lahat, tercatat ada 40 siswa positif Hepatitis A, disusul, SMKN 4 berjumlah 7 orang, SMK Tiara 3 orang dan SMPN 5 ada 23 siswa,” papar Kepala UPTD PKM Bandar Jaya, dr Hj Sumirawati, Jumat (12/10).

Baca Juga  M. Fadli, SE : Selamat Ulang tahun BSB Semoga Semakin Inovatif Dalam Produk

Dr Hj Sumariwati menambahkan, penyakit ini disebabkan tiada lain, kebersihan dari kantin sekolah, dimana, ada salah satunya air pembuangan tidak mengalir alias tergenang.

“Disinilah lalat yang hinggap ke air tersebut, lalu disebarkan ke makanan dan minuman (mamin), kemudian siswa memakannya,” ungkapnya.

Apabila, sambung dia, siswa tersebut positif Hepatitis A, bisa menularkan ke siswa lain, dengan cara kontak secara langsung atau dari mamin yang terkontaminasi virus.

Baca Juga  DIAMBIL SUMPAH, PANWASCAM HARUS BEBAS DARI KEPENTINGAN GOLONGAN

“Penyakit ini menular, oleh sebab itulah, daya tahan tubuh mesti terjaga. Disamping itu, kebersihan dari kantin menjadi perhatian serius,” terang dr Hj Sumirawati.
Dr Hj Sumirawati menerangkan, ciri-ciri personal yang terjangkit Hepatitis A, mata kuning, mual-mual disertai muntah common cold, batuk, pilek dan buang air kecil seperti warna teh.

“Paling penting, perilaku hidup bersih sehat (PHBS) diperhatikan serius, supaya terhindar dari penyakit Hepatitis A,” pungkasnya.

Editor : Ahmad

Check Also

Pembangunan Spal Tahun Anggaran 2024 di Desa Talang Sawah Mulai Dikerjakan

Author : Ganda Coy LAHAT, LhL – Berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 201/PMK …

SMM Panel

APK

Jasa SEO