Home / KABAR TNI / KASDIM PATI IKUTI PANEN PERDANA LAHAN PERCONTOHAN

KASDIM PATI IKUTI PANEN PERDANA LAHAN PERCONTOHAN

Author : Ron/(Narto : Pendim Pati)

PATI, LhL – Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan, Kodim 0718/Pati, Dinas Pertanian Pati dan Bulog Pati melakukan panen perdana di lahan percontohan yang berlokasi di Desa Wegil Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Selasa (29/01/2019).

Panen ini dihadiri oleh kepala staf Kodim 0718/Pati Mayor Inf Moch. Solihin, S. Ag. SIP, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Pati, Ir. Muhtar Efendi, MM dan Ketua Bulog Pati yang diwakili oleh Handoko Kasi Pengadaan.

Menurut Mayor Inf. Moch. Solihin S. Ag. SIP, kegiatan panen raya yang terselenggara pagi ini merupakan wujud kerja keras Kodim 0718/Pati dalam mengawal terwujudnya swasembada pangan nasional.

IMG-20190129-WA0025

“Khususnya wilayah Kabupaten Pati,” ucapnya singkat.

Kecamatan Sukolilo, sambung dia, adalah merupakan salah satu daerah lumbung penghasil padi dengan kwalitas yang cukup baik di Kabupaten Pati. Rata-rata hasil panen dalam satu hektare bisa mencapai 8 ton, terlebih pada MT 1 seperti saat ini, hasilnya bisa lebih baik lagi dikarenakan curah hujan yang cukup.

Baca Juga  PEREHABAN MUSHOLAH AL-FALAQ CAPAI 50 PERSEN

“Terbukti, dengan hasil yang diperoleh pada panen raya pagi ini, lahan 1,5 hektare milik Sukamto (48) dengan padi jenis ciherang mampu menghasilkan 16,8 ton gabah basah”, urainya.

IMG-20190129-WA0026

Dengan hasil yang melimpah seperti itu, Handoko menambahkan, tentu saja sangat mendukung Bulog dalam proses penyerapan Gabah.

”Bulog bersama dengan TNI AD, kususnya Kodim Pati dan jajaran serta dinas pertanian ingin menstabilkan harga gabah. Baik itu kering, maupun basah, supaya ada keuntungan dari petani dan Bulog. Soal harga, bagi petani yang ingin menjual hasil panennya ke bulog, kami siap menerima. Akan tetapi harus dengan kwalitas mutu gabah yang susuai dengan standar bulog, terima kasih kepada TNI AD dan Dispertanak yang telah bekerja dalam komoditas sergab di Kabupaten Pati,” kata Handoko.

Baca Juga  JAGA KOMUNIKASI YANG BAIK, KUNCI SUKSESNYA TMMD

Ia menambahkan, meningkatnya hasil panen kali ini tidak terlepas dari pemupukan dan penanganan hama serangga yang rutin di lakukan oleh para petani wilayah Sukolilo. Duharapkan dengan hasil panen yang melimpah.

“Selain mendukung tercukupinya stok pangan nasional, juga dapat meningkatkan perekonomin bagi petani. Dengan meningkatkan perekonomian petani, secara otomatis akan meningkatkan perekonomian Nasional, khususnya dari sektor pertanian.

Editor : Ahmad

Check Also

Datangi Makodim 0401/Muba, Kapolres Ucapkan HUT TNI

Editor : RON MUBA, LhL – Beberapa personil Polri Polres Muba, dibawah pimpinan Wakapolres Kompol …

SMM Panel

APK

Jasa SEO