Home / REGIONAL / MUARA ENIM / TINGKATKAN BUDIDAYA PERIKANAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM HDPE

TINGKATKAN BUDIDAYA PERIKANAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM HDPE

Author : Imam

MUARA ENIM, LhL – Dalam meningkatkan kemajuan pada bidang perikanan yang ada dalam Kabupaten Muara Enim, maka Dinas Perikanan selalu merencanakan kegiatan yang bersifat untuk kemajuan perikanan. Salah satunya dengan mengadakan rencana pengelolaan lahan gambut atau marjinal yang diisi ikan mengunakan terpal dengan jangka waktu terpal 15 sampai 20 Tahun. 

Dikatakan oleh Kepala Dinas Perikanan Teguh melalui Sri Wahyuni selaku Kabit Perikanan Kabupaten Muara Enim mengatakan, pemanfaatan lahan gambut dan lahan yang tidak terpakai dikelola dengan sistem HDPE, yang mana akan mengunakan pompa air untuk penyuplai air dalam kolam ikan, karena lahan gambut tersebut sangat kuat menyerap air, sehingga diperlukan tambahan air jika kadar air pada kolam sudah semakin surut.

Baca Juga  PTBA UNIT PELTAR GELAR HALAL BI HALAL IDUL FITRI 1439 H

” Rencana ini telah kita terapkan, baru berjalan beberapa bulan, kalau rencana ini berhasil, maka Dinas Perikanan akan mengelola lahan-lahan yang tidak terpakai untuk dibuat usaha perikanan dengan sistem HDPE,” Tutur Sri diruang kerjanya yang didampingi  oleh Johan selaku pegawai Dinas Perikanan tersebut. Senin, (26/11/2018).

Ditambahkan juga oleh Johan, kolam ikan dengan sistem HDPE, selain untuk pemanfaatan lahan tidak terpakai juga sebagai penampung air sementara. Kalau rencana ini berhasil, Dinas Pemdes akan mengupayakan Desa-Desa untuk mengikut serta membudidayakan ikan dengan sistem HDPE.

Baca Juga  HARGA AYAM MELONJAK, SAYUR-MAYUR IKUT NGELUNJAK

” Semoga rencana kita ini berhasil dan kedepan akan terus dilaksanakan,” harapnya.

Editor : Ahmad

Check Also

345 Putra-putri Daerah Raih Mimpi Berkat Beasiswa dari PTBA

Author : Ujang / Humas BA MUARA ENIM, LhL – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) …

SMM Panel

APK

Jasa SEO