Home / REGIONAL / EMPAT LAWANG / KADES DAN PERANGKAT DESA MASIH PERLU BELAJAR ADMINISTRASI

KADES DAN PERANGKAT DESA MASIH PERLU BELAJAR ADMINISTRASI

Author : RIADI

EMPAT LAWANG, LhL – Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Empat Lawang mengungkapkan bahwa kebanyakan Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya di Empat Lawang belum memahami administrasi desa. Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMDP3A Empat Lawang, Gatmir melalui Kasi Penataan Administrasi Desa dan Evaluasi Pengembangan Desa, Haris Sukaimi, Rabu (09/08/2017).

Haris Sukaimi mengatakan, bahwa kebanyakan Kepala Desa dan sekali gus perangkat desanya di Kabupaten Empat Lawang ini masih belum belum paham bagaimana penanganan administrasi. “Kebanyakan perangkat desa dan kades ini, masih banyak yang belum memahami tentang administrasi fesa,” ujar Haris.

Baca Juga  BISNIS KUE KERING CUKUP MENJANJIKAN

Menindaklanjuti hal itu, pihaknya berinisiatif melakukan sosialisasi dan pendampingan peningkatan kafasitas perangkat desa. “Demi meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam memahami dan menyusun masalah administrasi pemerintahan desa, DPMDP3A Kabupaten Empat Lawang, melakukan Sosialisasi dan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa,” tambah Haris. 

Sosialisasi dalam rangka melaksanakan tugas diklat PIM yang rencanakan akan dilaksanakan di Kota Lubuklinggau tersebut, gunanya adalah untuk lebih menertibkan administrasi pemerintahan desa dan memudahkan pemerintah desa dalam memberikan Informasi tentang penyelenggaraan pemerintah desa.

“Kegiatan ini kita adakan di dua tempat, yaitu di desa Mekar Jaya dan Terusan Baru di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi. Kita melakukan pendampingan secara langsung, tentang tata cara penyusunan administrasi pemerintahan desa,” ungkapnya. 

Baca Juga  DIDUGA KENA SERANGAN JANTUNG, WARGA EMPAT LAWANG INI DITEMUKAN TIDAK BERNYAWA

Terpisah, Kepala Desa Mekar Jaya (3A) Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Adi Iskandar meminta, agar tim dari DPMDP3A benar-benar membimbing dirinya dan perangakat desanya, karena Perangkat Desa Mekar Jaya ini masih buta tentang administrasi desa ini.

“Dan kalau ada kesalahan tolong diajari dan jangan sungkan-sungkan untuk mengajari kami, terutama maslah administrasi desa ini. Karena bimbingan dan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami,” ungkapnya.

Editor : ZADI 

Check Also

Event Burung Berkicau Bupati Cup Empat Lawang 2022, Diikuti Ratusan Peserta dari Pulau Sumatera dan Jawa

Author : Tim EMPAT LAWANG, LhL – Untuk pertama kalinya setelah pasca pandemi Covid-19, lomba …

SMM Panel

APK

Jasa SEO