Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / HALAL BIHALAL TAK LEKANG DIMAKAN ZAMAN

HALAL BIHALAL TAK LEKANG DIMAKAN ZAMAN

 

LAHAT, LhL – Lebaran begitu terasa pada saat kita saling bersatu, saling bersilaturahim sesama tetangga kanan-kiri dan depan belakang rumah, tambah lagi dengan saling memaafkan satu sama lain arti lebaran sendiri semakin penuh makna itulah indahnya lebaran di kampung halaman.

IMG_20160706_092215

Suasana saling mengunjungi rumah satu sama lain yang disebut halal bihalal yang merupakan adat istiadat asli dari Indonesia sudah semakin menjamur sampai ke pelosok-pelosok daerah, seperti hari ini yang terjadi di Kelurahan RD PJKA Bandar Agung Lahat di mana tetangga satu sama lain saling mengunjungi rumah dan saling mencicipi suguhan yang ada di rumah masing-masing.

Baca Juga  KKN MAHASISWA STIE SERELO LAHAT ANGKATAN KE XX, SELESAI

 

Hari ini terlihat keakraban antara tetangga dan juga kesempatan ini dimanfaatkan oleh tetangga untuk saling memaafkan kekhilafan dan kesalahan yang sudah terjadi selama ini. “Suasana seperti ini hanya terjadi dua kali dalam setahun yaitu pada saat Idul Fitri dan Idul Adha Oleh karena itu marilah kita gunakan kesempatan ini untuk saling bersilaturahim memaafkan satu sama lain,” ucap pemimpin halal bihalal Rt.03 Rw.01 Sadarudin.

 

Sembari saling mengunjungi rumah satu sama lain ada juga kegiatan saling mendoakan sesuai hajat tuan rumah mau didoakan apa dan seperti apa. “Dengan kegiatan ini ada kesempatan bagi kita untuk saling mendoakan satu sama lain, dimana doanya macam macam sesuai dengan permintaan tuan rumah, ada yang minta doa selamat bahkan doa meminta kesejahteraan dan kesehatan serta diberikan rezeki yang banyak baik lagi halal,” terang Sadarudin.

Baca Juga  BANTUAN ALSINTAN DIMINTA UNTUK DIJAGA DENGAN BAIK

 

Sadarudin berharap, kegiatan seperti ini agar terus dijaga karena manfaatnya sangat banyak sekali dalam kehidupan bertetangga. “Saya harap kekayaan budaya seperti ini agar bisa dipertahankan oleh generasi penerus, mengingat kemaslahatan sangat banyak sekali dalam kehidupan kita sehari hari terlebih dalam kehidupan bertetangga” ulasnya.

 

 

Naskah / photo (noipriadi)

Check Also

Jum’at Barokah, Tim YM Berbagi Rezeki pada Masyarakat di Gunung Gajah

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sepertinya jiwa sosial dan keinginannya untuk berbagi sesama umat …

SMM Panel

APK

Jasa SEO