Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / Penggila Ikan Cupang Kabupaten Lahat, Ikuti Ajang Betta Serelo Lahat

Penggila Ikan Cupang Kabupaten Lahat, Ikuti Ajang Betta Serelo Lahat

Author : SMSI

LAHAT, LhL – Bertempat di Lantai 2 Food Court Halaman Parkir Graha Lahat di Jl. H. Kol. Burlian Kelurahan Pasar Lama Lahat, Kabupaten Lahat, Sekelompok penghobi ikan hias jenis Cupang (Betta), yang tergabung dalam kelompok Betta Serelo Lahat Community (BSLC), menggelar Latihan Bersama (Latber) dan Kontes Ikan Hias Cupang. Minggu, 07 Maret 2021.

Adapun penyelenggaraan Latber dan Kontes ikan hias jenis Cupang tersebut hanya dapat diikuti oleh peserta yang berasal dari Daerah Lahat. selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar sesama Penghobi ikan Cupang baik perorangan maupun dalam komunitas yang ada di Kabupaten Lahat. Seperti yang dikatakan Okta Omer selaku Ketua Betta Serelo Lahat Comunity (BSLC) Kepada media ini

“Selain menjalin silaturahmi antar sesama penghobi, kita juga ingin mengajak masyarakat yang hobi dengan ikan hias jenis cupang yang ada di Kabupaten Lahat khususnya, untuk menghidupkan ataupun meramaikan kembali dunia percupangan di Kabupaten Lahat.” Kata Okta.

Adapun kelas ataupun kategori ikan cupang yang ditentukan dalam kontes tersebut diantarnya; Halfmoon, Plakat, Baby, Crowntail sampai dengan Sepcial Class yang dinilai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Saat diwawancarai, Taufik salah satu juri kontes Menjelaskan seperti apa standarisasi penilaian tersebut.

“Jadi, penjurian yang kita ambil berdasarkan standar penjurian yang sudah ditentukan secara nasional. Semisal cupang jenis Crowntail; kita akan nilai mulai dari Dasi, apakah dua dasi ikan jenis Crowntail tersebut memiliki panjang yang sama atau tidak, kemudian bentuknya yang seimbang atau tidak, kemudian Sirip Renang, untuk sirip renang sendiri yang dinilai adalah keutuhan dan keseimbangannya, seperti misalnya ikan tidak mendayung terbalik. Selanjutnya Body, pada body sendiri kita akan nilai berdasarkan bentuknya yang lurus dari ujung mulut sampai dengan pangkal ekor, serta Proporsionalitas (tidak terlalu gemuk/kurus) dan Mulus tanpa cacat, serta masih banyak lagi detail yang akan dinilai seperti Kepala hingga mental ikan yang bagus dan berani.” Jelas Taufik.

Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 10.00 WIB dan sebanyak kurang lebih 200 ikan yang terbagi dalam berbagai kelas/kategori diikutsertakan dalam kontes tersebut.

Adapun pendukung kegiatan Latber dan Kontes Cupang Hias ini diantaranya; Betta Serelo Lahat Comunity, Graha Lahat, Betta ABC Serelo, Cupang Jempol, Alif Cupang Lahat, GBL Graha, Farera Betta Fish, Alfa Betta, Al Husni Betta Lahat, Flower Shop Fery Lahat, Black Man Aquarium Betta, Komunitas Guppy Lahat, Lahat Guppy Farm, Junior Guppy, Betta Yanak Solihin, Geprek Mami Aak, Kopi A2 Pagar Alam, Warung Digital, Wajahsumsel, Lahatupdate, Lahatterkini, Beritalahat.com dan Wartabianglala.com.

Hingga berita ini diturunkan, Dewan Juri masih dalam suasana sibuk menilai ikan-ikan yang diikutsertaka  dalam kontes.

Editor : Ron

2021-03-07

Check Also

Berjiwa “Petarung”, Saat Ini Hanya Yulius Maulana Dipastikan Maju di Pilkada Lahat 2024

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sebagai pemimpin yang memiliki jiwa tarung sejati, Yulius Maulana …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

Exit mobile version