Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / COVID-19 : MENYUSUL 1 LAGI, POSITIF TERINFEKSI JADI 2 ORANG

COVID-19 : MENYUSUL 1 LAGI, POSITIF TERINFEKSI JADI 2 ORANG

Author : Sisilia Gumai

Posko Gugus Tugas Pencegahan Percepatan pandemi Covid-19 Kabupaaten Lahat di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Senin (4/5/2020) mereleaase, bahwa jumlah Pasien Positif Penderita Covid-19 bertambah lagi satu orang. Dengan demikian, baerati ada dua orang, yakni 01 dan 02 yang dinyatakan Positif Corona berdasarkan hasil Swab.

Ketua Gusus Tugas Covid-19 Kabupaten Lahat, Cik Ujang, SH sekaligus Bupati Lahat didampingi Kadinkes Lahat, Ponco Wibowo, SKM, MM melalui Juru Bicara (Jubir)nya, Taufik Maryansyah Putra, SKM , MM menyebutkan,  bahwa pasien 02 ini merupakan salah satu tenaga medis di Kabupaten Lahat baru teridentifikasi covid-19.

“Ya… Hal tersebut diketahui setelah hasil Swab dengan polymerase chain reaction (PCR) di Palembang. Tentunya ini menambah satu pasien Positif Virus Corona, menjadi 2 pasien”, sebut Taufik, di ruang kerjanya.

Laporan mengenai terpaparnya pasien 02 tersebut, sembung Taufik, masuk kepada pihaknya sekitar malam hari kemarin, atau tepatnya pukul 20.00 WIB Minggu (3/5). Tentunya, hal tersebut akan dilaporankan ke gugus tugas sumatera selatan hari ini.

“Kami akan update laporan jam 12 hingga jam 3 siang, karena memang laporannya masuk pada malam hari,” katanya.

Diuraikan Taufik, untuk saat ini seluruh anggota keluarga dan semua orang yang sempat kontak dengan pasien 02 ini, akan ditracking dan langsung dijemput untuk dikarantin.

“Kami sudah langsung melakukan penjemputan dan pemeriksaan untuk mengkarantina seluruh orang yang kontak dengan pasien 02, termasuk tempat dirinya bekerja dan keluarganya,” tambah dia.

Identifikasi terkenanya pasien 02 tertular virus corona tersebut, dijelaskan Taufik lagi, bukan dari pasien 01 yang sebelumnya terpapar. Akan tetapi dikarenakan pasien 02 adalah tenaga kesehatan, jadi banyak orang yang berinteraksi dengan dirinya.

“Bukan berati, pasien 01 yang menularkan virus. Namun karena bisa jadi pasien 02 adalah tenaga medis, jadi banyak orang yang berkontak dengan dirinya,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Taufik mengharapkan masyarakat supaya tidak terlalu panik berlebihan. Tetap menjaga diri dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan penyebaran virus corona ini.

“Jangan langsung percaya dan menyebarkan informasi yang tidak benar, jika sumbernya masih kurang lengkap, gunakan masker dan selalu cuci tangan,” tegasnya

Untuk diketahui, bahwa saat ini pasien 02 sedang melakukan karantina mandiri dengan mengisolasi diri.

Editor : RON)

2020-05-04

Check Also

Hadiri Sidang PMH LPG Subsidi di PN Lahat, SBM Linggau MOR II Ditolak Hakim Tanpa Kuasa Dirut PT. Pertamina

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sidang kedua gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) antara Yayasan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

Exit mobile version