Home / REGIONAL / EMPAT LAWANG / MUDAHKAN MOBILISASI HASIL TANI, BATU RAJA BARU BANGUN JALAN SETAPAK RABAT BETON

MUDAHKAN MOBILISASI HASIL TANI, BATU RAJA BARU BANGUN JALAN SETAPAK RABAT BETON

Author : RIADI

EMPAT LAWANG, LhL – Dalam rangka meningkatkan mobilisasi hasil tani dan memperlancar akses transportasi desa, maka Desa Batu Raja Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, terus melakukan pembangunan, salah satunya membangun jalan setapak rabat beton yang menuju ke perkebunan warga.

Hendra YP selaku Kepala Desa Batu Raja Baru engatakan, pembangunan jalan setapak rabat beton ini, berada di Tiga titik, antara lain satu titik berada di dusun satu dan dua titik berada didusun lima.

“Nah panjang keseluruhannya 905 Meter dengan lebar 150 CM dan tebalnya itu 15 CM,” terang Hendra pada wartawan, Rabu (12/07).

Dijelaskannya, untuk pelaksanaan titik nolnya, itu berada di areal Pulau Siring Dusun Satu dengan lama pengerjaanya itu ditargetkan selama tiga bulan, yang membangunnyapun masyarakat asli Desa Batu Raja Baru sendiri.

“Kita libatkan 80 orang, kita bagi tiga kelompok, dan sistem pengerjaannya itu secara bergantian,” jelasnya.

Dijelaskan Hendra, tujuan dibangunnya jalan setapak rabat beton keperkebunan waraga tersebut, untuk mempermudah masyarakat dalam mengangkut hasil perkebunannya.

“Karena selama ini sulit bagi kita memgangkut hasil perkebunan, apa lagi kalau musim hujan tambah sulit, makanya kita bangun jalan setapak ini,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pemberdayaan ditahap satu ini, sambungnya, melakukan pengadaan 100 lapon (perangkap Babi), membayarkan oprasional Linmas dan oprasional Guru ngaji di desanya, itu semua kita ambil dari Anggaran Dana Desa yang cair ditahap satu tahun 2017 ini.

“Tujuan lapon (perangkap babi), minimal bisa mengurangi hama babi yang sering menyerang kebun warga,” jelasnya.

Ditempat yang sama Camat Tebing Tinggi Suan Amri, meminta kepada Kades Batu Raja Baru agar proses pembangunan jalan setapak rabat beton tersebut melibatkan masyarakat asli Batu Raja Baru.

“Saya minta pak Kades pembangunan ini tolong libatkan masyarakat asli sini,” ujar Suan Amri.

Selain itu, dirinya juga meminta, jika pembangunan jalan setapak ini sudah selesai dibangun, agar dijaga dan dipelihara bersama-sama.

“Saya minta kalau jalan ini sudah selesai nanti, tolong dirawat, dibersihkan, dan saya harap dengan adanya jalan ini, dapat mempermudah akses menuju keperkebunan waraga, sehingga perekonomian juga meningkat,” pungkasnya.

Editor : YADI

 

2017-07-12

Check Also

Event Burung Berkicau Bupati Cup Empat Lawang 2022, Diikuti Ratusan Peserta dari Pulau Sumatera dan Jawa

Author : Tim EMPAT LAWANG, LhL – Untuk pertama kalinya setelah pasca pandemi Covid-19, lomba …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

Exit mobile version