Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / BELUM DITEMUKAN WARGA TERKENA VIRUS ZIKA
Pasien Demam Berdarah Dengue sesang dirawat di ruang inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara, Kamis (31/3). Rumah sakit masih bisa menampung pasien DBD kareba jumlah pasien masih normal dan belum sampai kategori Kejadian Luar Biasa (KLB). Pasien pun dipersilakan pulang untuk digantikan oleh pasien DBD berikutnya.  Rintang Azhar

BELUM DITEMUKAN WARGA TERKENA VIRUS ZIKA

LAHAT, LhL – Ditemukannya penderita dari virus Zika disebabkan dari gigitan Nyamuk Aedes Agephty di Provinsi Jambi tepatnya pada suku anak dalam, membuat Pemerintah Pusat (PP) dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI harus mengambil langkah konkrit, agar tidak menjalar seperti terjadi di Negara Singapura.

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), walaupun sejauh ini belum terdeteksi penularan virus Zika, hanya saja, jajarannya mewanti-wanti penduduk selalu menjaga kebersihan lingkungan. “Memang belum ada terdeteksi adanya penderita virus Zika, tapi, kita minta waspada kepada masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah dan melakukan penyemprotan untuk membunuh nyamuk,” kata Kadinkes Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM, ditemui, di ruang kerjanya, Rabu (31/8).

Baca Juga  Pemkab Lahat, Unsur Forkompinda Serta Masyarakat Laksanakan Sholat Berjamaah Idul Adha 1444H/2023 M

Ia menyebutkan, pihaknya akan terus mengali informasi dari Dinkes Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), langkah-langkah apa saja guna mengantisipasi atau tindak lanjutnya seperti apa, jangan sampai menyebar kemana-mana. “Untuk penyakit virus Zika ini tergolong masih baru, tingkatan kewaspadaan paling diprioritaskan, paling tidak, air-air yang mengenang baik di selokan, kaleng, ban dan lokasi berpotensi sebagai perkembangbiakan dapat dibinasakan,” papar H Rasyidi kepada LhL.

Baca Juga  PENUHI KUALIFIKASI, CETAK SDM HANDAL

Disamping itu, sambung H Rasyidi, menguras bak penampungan air minimal seminggu sekali, mengubur barang-barang bekas dan menutup rapat-rapat tempat air. Bila perlu pelihara ikan tempalo sehingga jentik nyamuk dimakan. “Kita juga terus memberitahukan melalui petugas kesehatan di tingkat puskesmas, poskesdes, pustu maupun bidan-bidan desa, walaupun belum ada terjangkit, meminimalisir paling diutamakan bagi kesehatan penduduk Kabupaten Lahat,” pungkasnya.

Photo/Naskah : (BENS)
Editor                : (UJANG, SP)

Check Also

Jum’at Barokah, Tim YM Berbagi Rezeki pada Masyarakat di Gunung Gajah

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sepertinya jiwa sosial dan keinginannya untuk berbagi sesama umat …

SMM Panel

APK

Jasa SEO