Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / Wabup Lahat Buka Acara Pelatihan Konvensi Hak Anak

Wabup Lahat Buka Acara Pelatihan Konvensi Hak Anak

Author : Arman

LAHAT, LhL – Bertempat di Gedung Pertemuan Kabupaten Lahat diadakannya Konvensi Hak Anak dengan tema” Melalui pelatihan Konvensi hak anak kita tingkatkan upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak guna mewujudkan Kabupaten Lahat Kabupaten Layak Anak Tahun 2021, Selasa (26/10/2021).

Dihadiri Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE. MM, Assisten l, Ibu Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Hj. Nurlela S. Ag, MM, Porkopimda, Para Pimpinan pelaku dunia usaha, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidya Wati Cik Ujang, Ketua GOW Hj. Sumiati S.Pd, Ketua Forum Anak dan undangan lainnya.

Dalam laporan Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Hj. Nurlela menyampaikan, jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini ada 500 peserta, 50 orang mengikuti secara offline dan 450 orang secara online, yang terdiri dari pemangku kepentingan yang mewakili 5 klaster, para guru, tenaga medis, aparat penegak hukum, pelaku sosial, pelaku usaha, pelaku seni, media dan lembaga masyarakat.

Baca Juga  WABUP LAHAT BAGIKAN RIBUAN BENDERA MERAH PUTIH

“Adapun tujuan acara ini diantaranya untuk, perlindungan dan pemenuhan hak anak, mengantisipasi tindak kekerasan, pelecehan dan perdagangan anak, strategi penginpormasian adanya layanan anak terhadap bermasalah hukum, pendukung percepatan Kabupaten Lahat menjadi Kabupaten layak anak, mendukung program nasional menciptakan Indonesia layak anak atau (Idola) tahun 2030”, jelasnya.

Sambutan Wakil Bupati Lahat H. Haryanto mengatakan, perubahan atas undang undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyatakan secara prinsip dalam mewujudkan hak anak meliputi hak dasar sebagai berikut, hak memperoleh asupan gizi yang cukup dan seimbang, hak memperoleh pendidikan, hak mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, hak untuk hidup sehat dan hak mendapatkan taraf hidup dan fasilitas yang layak.

Baca Juga  HARI INI, SEKDA LAHAT KEMBALI DENGAN AKTIVITASNYA

“Kepada para gugus tugas Kabupaten Lahat, Kecamatan, Kelurahan, dan desa agar dapat bersinergi dengan lintas sektor, OPD, lembaga masyarakat, dunia usaha, media, dan selalu melibatkan forum anak dalam memenuhi indikator Kabupaten Layak Anak. Ade pepatah jeme bahi ” Kalu bukan kite sape lagi, kalu bukan mak ini kebile lagi, ayo kita wujudkan Kabupaten Lahat menjadi Kabupaten Layak Anak. Dengan mengucapkan Bismillah hirrohmanirrohim acara pelatihan konvensi hak anak di Kabupaten Lahat tahun 2021 secara resmi dinyatakan dibuka”, ucapnya.

Editor : Ron

Check Also

M. Farid Pimpin Rapat Lanjutan Tentang Perayaan HUT Lahat

Author : BRP LAHAT, LhL – Pemerintah Kabupaten Lahat kembali menggelar rapat lanjutan mengenai Hari …

SMM Panel

APK

Jasa SEO