Home / REGIONAL / MUARA ENIM / Tambang Rakyat : Targetkan Sebelum 14 Juli Sudah Ada Kejelasan

Tambang Rakyat : Targetkan Sebelum 14 Juli Sudah Ada Kejelasan

Author : Dedi

MUARA ENIM, LhL – Terkait permasalahan regulasi Tambang Rakyat (TR) di Kecamatan Lawang Kidul dan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumsel. Pemkab Muara Enim sebagai fasilitas dalam hal ini menargetkan sebelum 14 Juli 2021, sudah mendapatkan kejelasan terkait regulasi TR.

Hal ini diungkapkan Asisten II Pemkab Muara Enim H Riswandar SH MH mengatakan, sebelum tanggal 14 Juli mendatang, sudah ada kejelasan terkait permasalahan regulasi TR ini.

“Saya harapkan sebelum 14 Juli nanti, masalah ini sudah ada kejelasan,” ungkap Riswandar, sat diwawancarai usai Rapat Penyelesaian Pertambangan Tampa Izin (PETI) di ruang Rapat Serasan Sekundang, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga  TAK ADA TIM MEDIS, KARYAWAN PTBA PINGSAN LALU MENINGGAL USAI BERTANDING SEPAKBOLA

Ia menjelaskan, dalam rapat ini untuk membahas terkait masalah PETI. Dimana dalam pembahasan untuk menyelesaikan masalah bagaimana cara dan juga regulasi TR agar dapat payung hukum atau menjadi legal. Diantara ini, ada beberapa opsi yang di bahas terkait hal ini.

“Opsi pertama adalah membuat koprasi dengan melibatkan Bumdes. Selanjutnya kita akan memanggil pemilik IUP untuk bekerja sama dengan warga. Dan terakhir, apabila tidak ada atau tidak bisa bekerja sama, maka kita minta perusahaan membebaskan lahan warga yang masuk dalam IUP perusahaan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Asmara 6 Kecamatan Kabupaten Muara Enim Key Jon mengatakan, sesuai pesan teman yang ada di asosiasi secara bersama. Pihakanya siap bekerja sama dengan pemilik IUP dalam hal ini perusahaan yang ada di kawasan TR. Dan, membentuk koprasi bersama dalam hal aktivitas TR ini kedepannya.

Baca Juga  Sinergi Dinas PUPR dan Camat Tungkal Jaya Atasi Lampu Jalan

“Harapan kita juga bersama, agar regulasi yang dilakukan ini nantinya dapat dilakukan secepatnya,” harapnya.

Ia menambahkan, pihaknya sangat mengucapkan terima kasih pada Pemkab Muara Enim yang telah memfasilitasi dalam hal regulasi yang akan segera diurus ini. Karena, dengan adanya dukungan ini, nasib masyarakat dalam mencari nafkah dan ekonomi pada TR dapat jelas dan juga tenang dalam bekerja.

Editor : Ron

Check Also

Warga Rambai Kaca Sukamerindu Tanam Pohon Pisang sebagai Aksi Protes Jalan Rusak

Author : Toni Ramadhani SUKAMERINDU, LhL – Sebuah pohon pisang ditanam di tengah ruas jalan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO