Home / KABAR TNI / Lagi-lagi, Amukan Api Hanguskan Rumah Warga

Lagi-lagi, Amukan Api Hanguskan Rumah Warga

Author : Ujang

LAHAT, LhL – Setelah kemarin dikabarkan ribuan warga Lahat sempat dihebohkan dengan adanya kepulan asap yang membumbung tinggi akibat ratusan ban bekas yang terbakar, hari ini, Selasa (8/6/2021), kebakaran benar-benar terjadi lagi.

Kali ini kobaran api menghanguskan sebuah rumah milik Firwansyah warga Dusun 3 Desa Suka Cinta, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.

Kobaran api yang melahap rumah Firwansyah yang terletak di tengah permukiman tersebut diketahui pada pukul 13.19 WIB. Kabar ini jelas saja membuat warga sekitar sontak terkejut dan  geger, sehingga warga bergotong royong memadamkan api dengan alat seadanya sebelum mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pol-PP, Linmas dan Damkar Lahat sampai di lokasi kebakaran.

Kepala Dinas Pol-PP, Linmas & Damkar Lahat, Fauzan Khoiri Denin, AP, MM menjelaskan membenarkan adanya peritiwa kebakaran tersebut. Dikatakannya, satu unit mobil pemadam kebakaran dari Manggala Agni, satu mobil pemadam milik PLTU Keban Agung satu unit mobil tangki suplai air dari BPBD serta 2 unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Lahat telah dikerahkan untuk berjibaku memadamkan api.

Baca Juga  Bupati Bersama Sekda Lahat Sholat Jumat di Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat

“Kita bergerak cepat, supaya api tidak menyambar rumah lainnya. Selain mobil pemadam kebakaran, juga anggota Polsek Merapi serta anggota Koramil Merapi turut berupaya meminimalisir nyala api yang tengah berkobar,” katanya.

Pada pukul 13.55 WIB, tambah Fauzan, kobaran api dapat dipadamkan sepenuhnya Ini berkat upaya keras petugas pemadam kebakaran dibantu oleh aparat kepolisian dari Polsek Merapi serta anggota Koramil dan warga.

“Ya, berkat kerjasama semua pihak yang terlibat, akhirnya rumah penduduk yang lain terselamatkan dari musibah kebakaran itu”, ucapnya.

Sementara Camat Merapi Barat, Sumarno didampingi Kapolsek Merapi, AKP. Samsuardi serta Danramil Merapi, Kapten inf. Sudarno menjelaskan, bahwa kebakaran yang terjadi di Dusun 3 Desa Suka Cinta pada siang hari ini hanya mengakibatkan satu rumah penduduk terbakar.

Baca Juga  ALAT BERAT TERUS BANTU PELAKSANAAN TMMD

“Saat kebakaran terjadi, kami unsur Tripika sedang melakukan rapat. Kemudian setelah mendapat kabar, kami langsung ke sini (lokasi-Red). Berapa jumlah kerugian yang dialami korban, belum bisa kita pastikan, namun tidak ada korban jiwa akibat dari kebakaran ini,” urai Sumarno.

Di lokasi yang sama, AKP. Syamsuardi juga menjelaskan, bahwa untuk sementara asal api masih dalam penyelidikan, karena itu belum bisa disampaikan secara pasti.

“Delapan orang personil dari Polsek Merapi ikut memadamkan kobaran api secara langsung bersama rekan dari TNI, dalam hal ini Koramil Merapi dan warga desa,” terangnya.

Danramil Merapi, Kapten inf. Sudarno juga menyampaikan, sebanyak delapan orang personil Koramil Merapi turut serta memadamkan nyala api.

“Alhamdulillah, berkat kerja sama antara petugas pemadam kebakaran serta personil dari Polsek dan juga warga, akhirnya api dapat dipadamkan dengan segera,” katanya.

Editor : RON

Check Also

Ubah Sistem Pengarsipan, Pemkab Lahat Luncurkan Aplikasi Srikandi

Author : BRP LAHAT, LhL – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar …

SMM Panel

APK

Jasa SEO