Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Sebingkai / Camat Mulak Sebingkai Ajak Kades Buat Kebun Tangguh Covid- 19

Camat Mulak Sebingkai Ajak Kades Buat Kebun Tangguh Covid- 19

Author : Ivi Hamzah

MULAK SEBINGKAI, LhL – Sehubungan dengan masih memasuki musim hujan, maka camat Mulak Sebingkai Herwansyah SE, MM, berinisiatif memanfaatkan lahan kosong halaman kantor camat Mulak Sebingkai untuk ditanami sayur mayur yang dapat dimanfaatkan dalam rumah tangga. Karena sebelumnya lahan disekitar kantor camat Mulak Sebingkai ini sudah pernah ditanami sayur mayur namun tak berlanjut. Hal ini dikatakan camat pada awak media saat sedang mengawasi seluruh perangkat desa Lubuk Dendan membuat pagar, Senin (22-3-2021).

Dikatakan Herwansyah, bahwa lahan disekitar kantor camat Mulak Sebingkai ini dibagi menjadi 10 blok, untuk satu kades satu blok. Agar setiap kades mempunyai tanggung jawab dalam pengolahan dan perawatannya sekaligus mewujudkan Lahat Bercahaya dan Mulak Sebingkai Jaya.

“Jadi seluruh kades se-kecamatan Mulak Sebingkai mempunyai tanggung jawabnya disini. Seperti membuat pagar, mengolah tanah dan merawat tanamnya,”terang camat yang baru 2 bulan mengabdikan diri di Mulak Sebingkai ini.

Baca Juga  Dies Natalis Fakultas Kedokteran Ke- 61, Klinik Adellia Graha Medika Gelar USG Secara Gratis

Masih kata camat, di musim pandemi covid-19 saat ini, semua kebutuhan pokok mahal, oleh sebab itu ia mengajak seluruh kepala desa untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi kebun tangguh covid-19. Dengan adanya kebun ini nantinya, camat berharap setidaknya para kades dan perangkat desa sudah menciptakan kebun tangguh covid-19 yang bisa diterapkan oleh masyarakat dengan memanfaatkan lahan kosong disekitar pekarangan rumah.

“Semua jenis sayuran kita tanam disini, jadi para kades akan bersaing cara menanam sayuran yang baik dan sehat,”ucapnya.

Pembuatan kebun tangguh covid-19 ini direspon baik oleh seluruh kepala desa se-kecamatan Mulak Sebingkai, seperti diungkapkan kepala Desa Lubuk Dendan Iman Saputra, ia sangat setuju lahan kosong dipekarangan kantor camat Mulak Sebingkai dibuat kebun tangguh covid-19. Karena, apabila ini dijaga dengan baik akan menambah rindang dan tidak ditumbuhi rumput liar. Oleh karena itu ia beserta perangkat desa nya hari ini langsung memasang pagar sekaligus membersihkan rumput.

Baca Juga  Cpvid-19 di Lahat : 16 April 2021

“Akan banyak manfaat kalau lahan ini ditanami dengan sayuran, setidaknya kita sudah tidak membeli lagi sayuran ke tempat lain. Dan kita bersaing dengan blok desa lain cara membuat tanaman dan pengolahannya untuk menambah ilmu pengetahuan bercocok tanam,”ujar pria yang sudah 2 kali menjabat Kades Lubuk Dendan ini.

Terpantau seluruh perangkat desa sedang sibuk memasang pagar dan membersihkan rumput agar siap ditanami.

Editor : Ron

Check Also

Ubah Sistem Pengarsipan, Pemkab Lahat Luncurkan Aplikasi Srikandi

Author : BRP LAHAT, LhL – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar …

SMM Panel

APK

Jasa SEO